Perawatan Bayi, Me vs Mom

 

Salah satu persoalan yang umum terjadi di masa awal setelah bayi lahir adalah perbedaan metode perawatan versi Anda dan Orang tua Anda yang notabene "berpengalaman". Bagaimana mendamaikan keduanya?
Ibu baru rata-rata dianggap belum terampil mengurus anak, sehingga ibu Anda cenderung menunjukkan inisiatif (itikad baik) untuk membantu Anda dalam merawat bayi. Persoalan mulai timbul saat Anda sebagai seorang ibu (baru) menuntut hak penuh untuk merawat dan mengasuh bayi Anda dan Anda mulai merasa Ibu (atau mertua) Anda terlalu ikut campur memberi nasehat/petunjuk, bahkan omelan dalam merawat bayi.
Jangan sampai keluar reaksi berlebih dengan meminta Ibu (atau mertua) pergi, adakan komunikasi yang baik dan pengertian bahwa Anda sebagai ibu baru memang sangat membutuhkan nasihat dan panduan dari para nenek dan kakek, namun mereka perlu memberikan Anda (dan suami Anda) ruang untuk mengambil keputusan sebagai orang tua yang baru.

Yakinkan bahwa Anda dan suami mau dan sedang dalam proses belajar untuk menjalani peran sebagai orang tua seperti orang tua Anda dulu. Ingatkan juga, peran mereka yang bagi anak Anda adalah sebagai nenek dan kakek.   

 



Artikel Rekomendasi