Suporter Untuk ASI

 

Pasti Anda setuju jika dikatakan menyusui adalah momen yang sangat membahagiakan bagi Anda, sang Bunda. Namun tak bisa dipungkiri, ada pula bunda yang tidak bisa merasakan hal itu. Bunda menyusui memang membutuhkan suporter untuk keberhasilan proses laktasinya.

ASI memang merupakan makanan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dan banyak faktor yang memengaruhi produksi ASI seorang ibu, misalnya saja makanan, kondisi kesehatan, dan emosional ibu. Namun disamping itu, ada faktor yang juga penting yaitu faktor lingkungan. Dibutuhkan dukungan dari lingkungan keluarga dan juga lingkungan kantor bagi ibu bekerja, agar proses laktasi berjalan dengan lancar dan bahagia.

Lingkungan keluarga. Sikap keluarga akan sangat menentukan keberhasilan proses menyusui, seperti misalnya:
  • Pengalihan tugas. Pengalihan sebagian tugas ibu di rumah kepada suami atau anggota keluarga lain di rumah akan membuat ibu terhindar dari kelelahan, yang bisa mengakibatkan berkurangnya produksi ASI.
  • Menjaga si kecil. Bagi ibu bekerja, perlu juga bantuan dari anggota keluarga untuk menjaga dan merawat si kecil selama ibu bekerja. Tentunya ibu akan merasa lebih tenang bila tahu si kecil berada dalam asuhan orang yang tepat, bukan? Ini akan mengurangi stres ibu yang bisa menghambat pengeluaran ASI.
Lingkungan kantor. Lingkungan kerja juga harus mendukung proses laktasi seorang ibu:
  • Masuk kerja. Bagi ibu yang sudah selesai menjalani cuti melahirkan, sebaiknya mulailah bekerja pada akhir minggu dan jangan pada awal minggu. Selain itu usahakan untuk tidak langsung bekerja penuh. Maksudnya adalah sebagai proses adaptasi yang juga berpengaruh dalam menerapkan manajemen laktasi.
  • Ruang menyusui. Alangkah baiknya jika tiap perusahaan menyediakan sebuah ruang khusus menyusui dan lemari pendingin. Di sana, ibu bisa leluasa memerah ASI untuk disimpan.
  • Penitipan bayi. Jika memungkinkan perusahaan menyediakan fasilitas penitipan bayi, tentu akan sangat melegakan bagi para bunda. Namun jika sulit, tak ada salahnya jika perusahaan menyediakan ruang bayi, sehingga bunda bisa membawa bayi beserta pengasuhnya. ASI ekslusif pun lancar..
Ayo, Bunda, galang suporter Anda untuk kelancaran proses laktasi. Dengan demikian, Anda bisa merasakan bahagianya menyusui si kecil!

 



Artikel Rekomendasi