Mengapa Persalinan Normal Terasa Sangat Sakit?

 

 
Fotosearch


Mengapa persalinan normal terasa sangat sakit?  Ini alasannya Anda merasa sangat sakit saat melahirkan normal.

Saat melahirkan Anda biasanya akan merasakan sakit yang tak tertahankan, yang membuat Anda menjerit dan memanggil-manggil orang terdekat. Rasa sakit yang semakin parah tersebut kemungkinan muncul karena beberapa faktor berikut :

Faktor fisik, misalnya persalinan dengan induksi, episotomi, penggunaan alat bantu forsep atau vakum untuk mengeluarkan bayi, pemutaran bayi akibat sungsang atau karena ibu mengalami lapar, haus, dan lelah. Sebab itu, ada baiknya Anda mengetahui proses persalinan yang akan Anda jalani dengan itu Anda bisa menyiapkan diri.

Faktor psikologis, misalnya ibu melahirkan sendiri tanpa pendamping persalinan. Jika ini alasanya, sejak hamil diskusikan dengan keluarga, siapa orang terdekat yang akan mendampingi Anda di ruang bersalin, jika suami karena sedang tugas, tak bisa mendampingi Anda.

Faktor psikologis juga bisa muncul jika Anda takut pada hal-hal yang belum diketahui  tentang melahirkan. Akibatnya Anda terus berpikir tentang sakit, stres, cemas, tegang, mengasihani diri sendiri, tidak siap melahirkan, atau kehamilan tidak diinginkan. Untuk menghindarinya selalu pastikan ke dokter bahwa Anda dan janin dalam keadaan baik.  

Faktor tenaga medis, seperti tidak bersahabat, terlambat datang, tidak memahami prosedur persalinan atau cara menggunakan alat, sehingga terlalu sering melakukan pemeriksaan dalam dan sebagainya. Untuk mencegahnya, sebelum tiba waktu bersalin, pilihlah tenaga medis yang Anda percaya dan bisa menenangkan Anda. Salah satu cirinya adalah tenaga medis, selain ahli juga bisa Anda ajak diskusi.

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Sesar Sekaligus Steril

Saya akan melahirkan secara sesar dan ingin sekaligus disteril. Apa persiapan dan prosedur yang harus saya dilakukan?... read more