Hambatan pada Puting Payudara

 

Saat sedang menyusui bayi dengan penuh kasih sayang, ada beberapa hambatan seperti puting kering, lecet atau saluran ASI tersumbat. Berikut tips mengatasinya
  • Puting kering dan pecah-pecah. Jangan gunakan sabun mandi untuk membersihkan daerah puting. Bersihkan saja dengan air hangat. Anda juga bisa menjaga kelembapan puting dengan mengoleskan atau membersihkannya menggunakan minyak kelapa atau baby oil.
  • Puting lecet akibat posisi mulut bayi saat menyusu tidak tepat, atau karena ibu menarik puting secara paksa seusai menyusui. Untuk mengatasinya, usahakan bayi mengisap sampai ke bagian aerola. Lalu setelah selesai menyusu, tarik dengan lembut mulut bayi dari puting.  Untuk mengurangi lecet, olesi puting dengan ASI.
  • Saluran ASI tersumbat akibat menumpuknya persediaan ASI yang tidak dikeluarkan semua. Dengan kata lain, Anda tidak “mengosongkan” payudara saat menyusui bayi. Gejalanya berupa benjolan di salah satu bagian payudara. Untuk mengatasinya, pijat benjolan secara perlahan lalu kompres dengan air hangat. Lakukan hingga benjolan hilang.
Baca juga:

 

Artikel Rekomendasi