Me Time Untuk Ibu

 

Cheryl Richardson, penulis buku “Stand Up for Your Life” mengatakan ibu baru tetap harus memiliki me time atau waktu luang untuk diri sendiri. Menurutnya me time ini membantu si ibu memulihkan energi, sehingga dia mampu menjalankan perannya sebagai ibu dengan lebih baik.



10 Strategi menciptakan me time

1. “Tak perlu jadi supermom,  yang penting berikan yang terbaik kepada buah hati Anda,” kata  Susan Besze Wallace dalam bukunya “The New Mom’s Guide To Finding Your Own Mothering Style.”  

2. 
Tetap bersosialisasi untuk menjaga hubungan dengan teman, sahabat, kerabat, dan rekan kerja. Tidak selalu harus bertemu secara fisik. Kemajuan teknologi memungkinkan Anda dapat bersosialisasi melalui Facebook, Twitter, blog, chatting atau sekedar berkirim SMS dan MMS foto bayi Anda.

3. Bergaul dengan orang-orang yang bersikap positif terhadap kehidupan. Bergaul dengan mereka memicu Anda menjalani peran baru sebagai ibu dengan cara pandang yang lebih luas dan pikiran yang lebih terbuka.

4. Ubah penampilan, mulai dari gaya rambut, model baju, tas, sepatu, sandal, maupun aksesori pelengkap penampilan Anda. Atau, membeli baju-baju baru yang sesuai dengan bentuk serta ukuran tubuh Anda sekarang.  Peran baru sebagai ibu dapat menjadi saat yang tepat untuk mengubah gaya penampilan Anda. Belanja fashion sekarang dipermudah lewat website brand-brand lokal maupun luar negeri. 

5. 
Cari dukungan, jangan segan minta pertolongan, bantuan, maupun dukungan  kepada pasangan, kerabat,  dan sahabat. Jika Anda merasa terlalu banyak yang harus Anda kerjakan, mintalah bantuan orang-orang terdekat untuk mengerjakannya sehingga Anda punya waktu untuk istirahat serta waktu untuk diri sendiri.

6. Kembali bergaul dengan teman lama yang sudah berpengalaman menjadi ibu. Mereka bisa menjadi sumber “ilmu” menjadi ibu. Baik tentang cara-cara perawatan bayi maupun taktik agar dapat menyisihkan waktu luang bagi diri sendiri. Itu sebabnya, kembalilah bergaul bersama teman-teman serta sahabat-sahabat lama Anda.

7. Lakukan hobi yang sempat ditinggalkan untuk keluar sejenak dari kesibukan dan kejenuhan mengurus bayi. Sebab, hobi adalah kegiatan yang memang benar-benar Anda sukai dan membangkitkan perasaan senang dalam diri Anda.

8. Temukan sisi-sisi baru, temukan potensi baru Anda sebagai ibu. Misalnya, kemampuan bermusik, memasak, atau menulis. Sisi-sisi baru ini akan menjadi sarana untuk melakukan aktifitas yang menyenangkan.

9. Tidur dan istirahat  agar tenaga Anda pulih kembali. Tidurlah saat bayi Anda tidur. Atau, manfaatkan waktu tidur bayi Anda untuk melakukan   aktifitas me time.

10. Olah raga ringan, seperti jalan santai atau melakukan gerakan yoga  di rumah, selagi bayi Anda tidur lelap. Peredaran darah lancar, tubuh bugar dan energi Anda pun pulih.  (me)

Baca juga:
Tips Raih "Me Time" Untuk Ibu Baru
Jadilah Ibu Baru Yang Unik!
9 Nasehat (yang Salah) untuk Ibu Baru


 

 



Artikel Rekomendasi