Menyusui Pasca Caesar, Bisakah?

 

Fotosearch

Persalinan dengan operasi caesar kadang membuat bunda khawatir, bisakah langsung menyusui buah hati setelah itu? Jangan khawatir. ASI mulai bisa diberikan sesegera mungkin sejak bayi ada dalam pelukan Anda dan kondisi fisik Anda memungkinkan. Anda bisa meminta bantuan dokter kandungan untuk keinginan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) ini, karena beberapa rumah sakit ada yang memberlakukan peraturan bunda dan bayi baru bisa bersama setelah melewati masa kritis 6-12 jam atau 24 jam.

IMD penting bagi bayi untuk menerima kolostrum dan belajar menyusu. IMD juga bermanfaat untuk mencegah pembengkakan payudara dan menjaga pasokan ASI tetap terjaga. Kontraksi rahim saat bayi mengisap ASI juga menyebabkan rahim dan organ sekitarnya kembali ke ukuran semula dengan lebih cepat. Proses pemulihan pun semakin cepat dan sempurna.

Saat menyusui:
- Pastikan tubuh bayi dekat dengan Anda.
- Untuk melindungi luka bekas operasi, Anda bisa menggunakan bantal sebagai alasnya.
- Letakkan bayi di samping atau di bawah ketiak Anda. Minta bantuan perawat, suami, atau anggota keluarga untuk membantu memosisikan bayi agar nyaman saat menyusui.

Catatan:
Bayi yang lahir lewat operasi Caesar dengan anestesi umum pada beberapa hari pertama kelahirannya lebih malas menyusu dibandingkan dengan bayi lewat kelahiran normal. Ia cenderung lebih banyak tidur, karena mungkin terimbas obat anestesi. Anda harus aktif ‘membangunkannya’. (SW)

Baca Juga:
- Apa Yang Harus Diperiksa Usai Operasi Caesar?
- Waspada Hal Ini Setelah Operasi Caesar
- Bagaimana Posisi Menyusui Paling Nyaman?

 

Artikel Rekomendasi