Perhatikan Ini Ketika Anda Berpuasa Saat Menyusui!

 

Foto: unsplash

Ibu menyusui sebenarnya tidak diwajibkan berpuasa. Sebab pada saat menyusui, ibu memerlukan tambahan kalori lebih banyak dibanding saat hamil.
 
Busui biasanya galau saat bulan Ramadan tiba. Satu-satunya sumber makanan penting bagi bayi setidaknya harus selalu tersedia selama ASI eksklusif. Keputusan untuk berpuasa atau tidak, akhirnya berada pada ibu.
 
Tetapi jangan khawatir, karena meski berpuasa tubuh ibu akan menyesuaikan secara alami. Ini panduan penting untuk busui yang ingin berpuasa.
 

- Usia bayi: Bila di bawah 6 bulan, pertimbangkan secara matang karena pada usia ini bayi hanya mengonsumsi ASI.

- Usia bayi di atas 6 bulan: Bayi sudah mendapat MPASI, tetapi pastikan busui mengonsumsi cairan.

Bunda, ini panduannya bila bunda ingin berpuasa saat sedang menyusui.


Makan Sahur

90 menit sebelum imsak. Awali makan sahur dengan minum air hangat dan camilan.
Coba: Roti Gulung dan secangkir teh hangat.

60 menit sebelum imsak. Konsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap: karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, sehingga kualitas ASI tetap baik. Penuhi juga kecukupan cairan, baik dari kuah sayur, air putih, atau jus buah segar.
Coba: Nasi, empal daging, tumis buncis tempe, jus jambu merah.

20 menit sebelum imsak. Minum susu untuk memperkaya asupan kalsium. Beberapa menit kemudian minum air putih sebanyak Anda mampu.


Buka Puasa

Magrib

Minuman hangat saat berbuka dapat membantu Anda merangsang kelancaran ASI. Santap camilan khas bulan puasa untuk menambah asupan Anda.
Coba:
Pancake selai kacang dan secangkir teh hangat atau jus buah tanpa gula.

Usai Salat Magrib

Bagi dua porsi hidangan utama Anda. Porsi yang pertama dimakan setelah salat magrib dan yang kedua setelah salat tarawih. Santap hidangan lengkap gizinya; penuhi dengan sumber karbohidrat, protein hewani, nabati dan sayur.
Coba: Nasi, ayam panggang madu, perkedel keju, sop tom yam kung.

Usai Salat Tarawih

Habiskan makan utama porsi yang kedua agar asupan terpenuhi. Jangan lupa makan buah agar terhindar dari sembelit. Menjelang tidur malam Sebelum tidur, usahakan makan camilan dengan minuman hangat seperti susu.


(WIT/IR)




Baca juga:
Pertimbangkan Ini Saat Harus Minum Obat Selama Menyusui
Tips Sukses Memberi ASI Eksklusif Selama Puasa
Tingkatkan Pemberian ASI Pada Bayi 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Me Time Untuk Ibu

Ibu baru tetap harus punya me time untuk diri sendiri. Ini akan membantu ibu memulihkan energi, sehingga mampu menjalankan perannya dengan lebih baik.... read more