Perhatikan Ini Ketika Anda Berpuasa Saat Menyusui!

 

Dok.AB

Makan Sahur

90 menit sebelum imsak. Awali makan sahur dengan minum air hangat dan camilan.
Coba: Roti Gulung dan secangkir teh.

60 menit sebelum imsak. Konsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap: karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, sehingga kualitas ASI tetap baik. Penuhi juga kecukupan cairan, baik dari kuah sayur, air putih, atau jus buah segar.
Coba: Nasi, empal daging, tumis buncis tempe, jus jambu merah.

20 menit sebelum imsak. Minum susu untuk memperkaya asupan kalsium. Beberapa menit kemudian minum air putih sebanyak Anda mampu.



Buka Puasa

Magrib

Minuman hangat saat berbuka dapat membantu Anda merangsang kelancaran ASI. Santap camilan khas bulan puasa untuk menambah asupan Anda.
Coba:
Pancake selai kacang dan secangkir teh hangat

Usai Salat Magrib

Bagi dua porsi hidangan utama Anda. Porsi yang pertama dimakan setelah salat magrib dan yang kedua setelah salat tarawih. Santap hidangan lengkap gizinya; penuhi dengan sumber karbohidrat, protein hewani, nabati dan sayur.
Coba: Nasi, ayam panggang madu, perkedel keju, sop tom yam kung.

Usai Salat Tarawih

Habiskan makan utama porsi yang kedua agar asupan terpenuhi. Jangan lupa makan buah agar terhindar dari sembelit. Menjelang tidur malam Sebelum tidur, usahakan makan camilan dengan minuman hangat seperti susu.


(TIM AB/WIT)



Baca juga:
Pertimbangkan Ini Saat Harus Minum Obat Selama Menyusui
Tips Sukses Memberi ASI Eksklusif Selama Puasa
Tingkatkan Pemberian ASI Pada Bayi 

 

Artikel Rekomendasi