Tips Bugar Di Kehamilan Kembar

 

Banyak ibu ngeri saat tahu mengandung kembar karena terbayang besarnya dan resikonya. Agar kehamilan kembar ini tetap sehat hingga melahirkan, inilah tips agar tetap bugar 
 
  •  Waspada jika memiliki riwayat keguguran atau mengidap penyakit  yang dapat mempengaruhi kehamilan seperti anemia,  diabetes, jantung,  tekanan darah tinggi, asma dan lain-lain. Sampaikan  kepada dokter  untuk mendapat penanganan khusus.
  • Cukup nutrisi. Jika nutrisi tidak cukup, maka akan terjadi pertumbuhan janin yang terhambat.  Pastikan mengonsumsi padi-padian, produk susu, buah dan sayur segar, makanan kaya protein seperti ikan, ayam, daging, keju, kacang-kacangan dan telur.
  • Kontrol kehamilan lebih sering, sekali dalam 2 minggu pada usia kehamilan 24 minggu dan   1X seminggu pada  usia kehamilan 36 minggu.
  • Cukup istirahat. Tubuh bekerja 2 kali lebih keras, perlu istirahat 2 kali lebih banyak.
  • Olahraga. Dapat dilakukan dan bermanfaat bagi kehamilan kembar Anda. Pilih yang  low impact,  seperti  berenang, yoga dan meditasi.  Atau, konsultasikan dengan dokter.
  • Ikuti kelas persiapan kehamilan/kelahiran. Tanyakan kelas khusus.
  • Kurangi stres dengan bicara dan merencanakan masa depan bersama pasangan.

 



Artikel Rekomendasi