Tongue Tied Menghambat Proses Menyusui

 

Hambatan menyusui akibat tongue tied,  kerap membuat ibu menyerah sehingga menghentikan pemberian ASI Eksklusif sebelum waktunya, atau menyapih bayi lebih cepat.  Padahal, ada cara-cara yang dapat ditempuh agar bayi tetap mendapat ASI Eksklusif selama 6 bulan, dan menyusu hingga 2 tahun, meski anatomi lidahnya tidak sempurna. Kuncinya adalah, mengonsultasikan masalah Anda kepada dokter ahli laktasi guna memeroleh solusi yang tepat.
  • Berikan ASI perah lewat botol, karena sistem kerja botol susu berbeda dengan menyusu pada payudara dimana bayi harus menghisap dengan menggunakan otot-otot mulut. Puting botol, lebih mudah dihisap.  Sayangnya, pemberian ASI dengan botol bisa memberi efek kurang baik pada struktur langit-langit mulut bayi,  yaitu membuatnya menjadi tinggi, sempit dan melengkung tajam. Memberi ASI lewat botol juga bisa membuat bayi bingung puting dan mengurangi produksi ASI.
  • Prosedur frenectomy atau pemotongan tali lidah -harus dilakukan? oleh dokter. Selain hanya membutuhkan waktu sebentar, prosedur ini tidak mengakibatkan banyak darah keluar, dan tidak membutuhkan jahitan. Sebelum melakukan prosedur ini, biasanya dokter mengamati dulu apakah ada peluang frenulum bayi berkembang menjadi lentur. (me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

Me Time Untuk Ibu

Ibu baru tetap harus punya me time untuk diri sendiri. Ini akan membantu ibu memulihkan energi, sehingga mampu menjalankan perannya dengan lebih baik.... read more