Bumil Tidak Boleh Egois

 

foto: shutterstock


Puasa Ramadan wajib bagi umat Islam, dengan beberapa syarat utama. Salah satu yang tidak wajib berpuasa adalah ibu hamil. Namun, tetap ada bumil yang ingin berpuasa karena kesempatan berpuasa Ramadan hanya setahun sekali.

Berpuasa pada saat hamil tentu perlu banyak pertimbangan, karena sekarang ada janin di dalam kandungan bunda. “Kondisi kehamilan pada trimester pertama adalah pembesaran payudara ibu karena proses perubahan hormon,” kata dr. Ichnandy Arief Rachman, Sp.OG, FMAS, CCD dari RSIA Budhi Jaya, Jakarta dalam acara Instagram Live @ayahbunda_


Di usia kehamilan trimester pertama ini kebutuhan kalori ibu sebesar 1.800 kkal. Yang artinya ada penambahan kebutuhan dari 1.500. Kerja usus melambat, sehingga buang air besar juga sulit.
“Sementara di trimester kedua, perut membesar, kulit meregang. Asam lambung naik lagi. Kebutuhan kalori meningkat sampai 2.100 sampai 2.200,” jelas dr. Ichnandy. Pada kehamilan trimester kedua, perut semakin membesar, kaki bengkak. Kebutuhan kalori meningkat lagi sampai 2.400 sampai 2.500.

Perhatikan kondisi ini
Dalam kondisi apa ibu hamil boleh berpuasa? Ini syaratnya:


- Ibu tidak bermasalah dengan kesehatannya. Tidak ada penyakit diabetes, penyakit kronis, hipertensi, dan gangguan pencernaan.

- Kondisi kehamilan baik, artinya air ketuban cukup. Kalau air ketuban kurang berarti ibu hamil dehidrasi.

- Janin tidak mengalami keterlambatan pada pertumbuhannya.

Ibu hamil tidak bisa makan sekaligus banyak karena kerja usus yang melambat. “Allah membuat kerja usus melambat dengan tujuan agar penyerapan nutrisi dapat maksimal. Kalau ibu hamil makan sekaligus banyak, akan jadi begah,” kata dr. Ichnandy, ahli fertilitas dan laparoskopi.

Ibu hamil yang ingin berpuasa sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan. Bila lampu hijau telah didapat, perhatikan menu puasa yang baik, yaitu:


- Tinggi protein. Karena protein akan memberikan energi yang lebih besar daripada karbohidrat. Konsumsi karbohidrat terlalu banyak akan membuat kerja usus semakin berat, dan akhirnya perut jadi begah, bumil capek seharian.

- Perbanyak serat untuk melancarkan pencernaan karena kerja usus yang melambat. Makanan tinggi serat akan membantu buang air besar lebih lancar.

- Penuhi kebutuhan cairan sampai 9 gelas yang dibagi saat buka puasa, makan malam, dan makan sahur. Kebutuhan cairan yang tidak terpenuhi membuat cairan ketuban juga berkurang. Kondisi yang berbahaya bagi janin.

Bumil stop berpuasa bila mengalami ini

- Janin pasif, tidak aktif bergerak. Atau sebaliknya terlalu aktif. Ini tandanya janin berontak.

- Nyeri di perut bagian bawah

- Ibu merasa demam, pertanda kekurangan cairan

- Lelah, tak bertenaga.

- Nyeri kepala, pertanda pasokan oksigen dan nutrisi tidak sampai ke otak.

“Ibu jangan egois! Ibu dijamin kuat berpuasa. Tapi janin belum tentu. Sudah ada risetnya, hamil di bawah usia 4 bulan tidak boleh berpuasa, dan hamil di atas 7 bulan juga tidak boleh berpuasa,” kata dr. Nandy dengan tegas.

Imma Rachmani

 

 


Topic

#pranaramadan #ramadanbulanmulia #puasaramadan #ramadan



Artikel Rekomendasi