Mangga, Kaya Manfaat

 

Mangga tak hanya dapat dimakan sebagai buah segar dan pencuci mulut. Buah berdaging dengan aneka bentuk, ukuran, warna, dan citarasa ini kaya akan manfaat. Kandungan serat, vitamin A dan C serta aneka flavonoid di dalammya, bisa sebagai anti sembelit, membersihkan sistem sirkulasi darah dan mencegah kanker serta gangguan pembuluh darah.
 
Kaya antioksidan betakaroten. Mangga merupakan sumber beta-karoten, kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat dalam tubuh yang akan diubah menjadi vitamin A. Beta-karoten dan vitamin C tergolong antioksidan, senyawa yang dapat mencegah kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Zat-zat gizi antioksidan, seperti beta-karoten dan vitamin C, membuat radikal bebas tak berbahaya dengan menetralkannya. Dan mangga mengandung zat-zat gizi antioksidan yang melimpah.
 
Sumber Vitamin C. Setiap 100 gram mangga masak mengandung vitamin C sebanyak 41 mg, pada mangga muda hingga 65 mg. Selain sebagai antioksidan, vitamin C berfungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C mampu membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu pemyembuhan luka.
 
Mengandung Kalium. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Berfungsi meningkatkan keteraturan irama denyut jantung, mengaktifkan otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terahadap penurunan resiko terserang stroke.
 
Mangga mengandung gula dan sedikit asam. Sejumlah asam galat baik bagi isi saluran pencernaan dan untuk desinfektan tubuh sehingga melindungi tubuh dari serangan infeksi.  Mangga mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu, mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan. (me)
 
Aneka resep berbahan mangga:

 



Artikel Rekomendasi