Tetap Fresh Selama Bulan Ramadan, Yuk Coba 5 Tip Ini

 


Selama bulan suci Ramadan, tubuh kita cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya, yang menyebabkan kulit dan bibir menjadi kering dan terlihat lebih kusam. Bagi sebagian orang, hal ini tentunya menjadi masalah yang dapat mengganggu penampilan harian mereka.
 
Jangan khawatir, Bunda tetap bisa kok, tampil fresh dan sehat setiap saat selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Yuk, coba beberapa kiat yang sudah dirangkum oleh tim Ayahbunda.
 
Tetap terhidrasi
 
Minum 1 - 2 gelas penuh air selama buka puasa dan minimal 2 liter pada malam hari antara buka puasa dan sahur. Hitung asupan air Anda dan usahakan untuk minum satu gelas air setiap jam.
 
Kemudian cobalah untuk menghindari jus, soda, dan kopi. Mengonsumsi Kafein secara berlebihan dapat memicu dehidrasi, jadi lebih baik untuk dihindari selama Ramadhan. Ganti dengan minum air detoks, campurkan mentimun, mint, dan lemon ke dalam air putih yang bermanfaat untuk melembabkan kulit secara instan.
 
Pilih-pilih makanan
 
Minum banyak cairan saja tidak cukup! konsumsi juga makanan yang kaya akan cairan ya Bun, seperti buah, sayuran, yoghurt, sup, dan semur. Hal ini dapat membantu untuk menggantikan cairan yang hilang di siang hari dan persiapan untuk memulai puasa keesokan harinya.
 
Ayo siapa yang suka makan gorengan saat berbuka puasa? Ternyata mengonsumsi banyak makanan yang digoreng, terlalu bertekstur lembut, dan manis sebenarnya bisa membuat Anda bertambah gemuk selama Ramadhan, lho.
 
Perubahan kebiasaan makan dan kekurangan cairan di siang hari dapat menyebabkan sembelit bagi sebagian orang. Perbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian, sereal berserat tinggi, buah dan sayuran, dapat membantu meringankan sembelit.
 
Skincare
Melembapkan kulit selama Ramadhan sangatlah penting. Kulit kehilangan kelembapan karena kekurangan hidrasi saat berpuasa. Nah, penggunaan skincare secara teratur dapat membantu kulit untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.
 
Jangan lupa juga untuk merawat mata karena lingkaran hitam dapat dengan mudah muncul selama sebulan karena perubahan pola tidur Anda. Atur ulang jadwal harian agar Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, yaitu sekitar delapan jam per hari. Oleskan krim mata dan letakkan beberapa mentimun di mata dapat membantu memberikan efek segar dan mengurangi lingkaran hitam.
 
Cukup istirahat
Banyak orang yang mengeluh kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik selama Ramadan. Coba rencanakan rutinitas tidur yang disesuaikan untuk Ramadhan sehingga Anda tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh Anda mendapatkan ritme tidur yang lebih nyenyak.
 
Usahakan untuk tidur setidaknya 4 jam di malam hari setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan subuh - dan kembali tidur selama beberapa jam sebelum memulai kegiatan harian Anda. Tidur siang selama 20 menit dapat membantu untuk memulihkan energi yang lesu dan tingkat focus, asalkan jangan kebablasan sampai jam berbuka ya, Bun.
 
Ruangan kamar yang tenang dan minim pencahayaan dapat membantu tidur lebih cepat. Hindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV menjelang waktu tidur karena cahaya biru dari layar berisiko mengganggu kualitas tidur Anda.

 

Tetap bergerak
Olahraga sambil berpuasa sebenarnya dapat membuat otak, motor saraf, dan serat otot kita tetap muda secara biologis. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tetap aktif selama Ramadhan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.
 
Olahraga saat berpuasa dapat membantu menurunkan persentase lemak tubuh dan meningkatkan pemanfaatan lemak sebagai energi saat berolahraga dan saat istirahat.
 
Hindari berolahraga di pagi hari untuk mencegah dehidrasi dan kehilangan energi sepanjang hari. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukannya satu jam sebelum berbuka puasa. Waktu baik lainnya untuk berolahraga adalah pada malam hari jika Anda tidak harus bekerja keesokan harinya.
 
Setelah berbuka puasa ringan, pastikan Anda telah mengonsumsi cukup cairan dan kemudian melakukan latihan kardio ringan. Anda dapat mengikuti video zumba atau aerobik atau berjalan cepat 20 menit. Beberapa latihan penguatan seperti squat, lunges dan sit-up juga bisa dilakukan.

Debbyani Nurinda

 



Artikel Rekomendasi