Keuangan Pribadi VS Keuangan Keluarga

 

Dok.FG


Memiliki beberapa keinginan wajar-wajar saja, yang penting Anda pintar mengelola keuangan agar impian Anda dapat terwujud tanpa 'mengaduk' keuanganyang disiapkan untuk kebutuhan keluarga. Simak tips berikut ini!

1. ALOKASI DANA UNTUK AKUN BUNDA

Apabila Anda bekerja, tentukan berapa persen dari penghasilan yang masuk ke pos khusus ini. Bila sumber dana bergantung dari pasangan, pastikan pengeluaran pribadi Anda tidak lebih 10% dari uang yang diberikan.

2. BUAT ANGGARAN TERPISAH.

Bunda memang banyak kebutuhannya; biaya ke salon, pakaian, arisan, hingga membeli buku atau majalah. Pisahkan anggaran pribadi Anda dari anggaran rumah tangga yang dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

3. MILIKI WISH-LIST.

Pisahkan kebutuhan dan keinginan. Sesekali memenuhi keinginan tentu sah saja, tapi pastikan Anda sudah mempersiapkan dananya terlebih dulu. Urutkan prioritas keinginan.

4. BAYAR TUNAI ATAU DEBIT.

Kesalahan terbesar para bunda adalah pandai menggesek kartu kredit, tetapi menyerahkan semua urusan pembayaran kepada pasangan. Untuk urusan akun pribadi bunda, usahakan untuk membayar tunai atau dengan kartu debit.



(TIM AB/WIT)



Baca juga:
Mengelola Keuangan Menjelang Kelahiran
Tips Belanja Bagi Keluarga Milenial
6 Aplikasi Belanja Cerdas Untuk Ibu Masa Kini

 



Artikel Rekomendasi