5 Tip Meditasi Saat Anda Terlalu Banyak Pikiran

 


Tuntutan pekerjaan, mengasuh anak, belum lagi masalah keuangan keluarga mengharuskan Bunda untuk menjadi serba bisa dan serba cerdas. Padahal, kepala kita seperti sudah mau meledak memikirkan itu semua.

Trinlay Rinpoche, seorang meditator dan cendekiawan, mengatakan bahwa sumber kebahagiaan sejati terletak pada kejernihan pikiran. Meditasi melatih pikiran untuk tidak tinggal di masa lalu atau merenungkan masa depan.

Melansir dari laman Mayo Clinic, meditasi dapat memberi Anda perasaan tenang, damai, dan seimbang, yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan emosional dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Manfaat ini tidak hanya terasa saat Anda melakukan meditasi. Setelah meditasi selesai, Anda akan merasa lebih tenang sepanjang hari dan bermanfaat membantu untuk mengelola gejala kondisi medis tertentu.

Tertarik untuk mencoba meditasi? Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pemula.

Buat jadwal yang konsisten
Konsisten adalah langkah sederhana untuk melatih otak Anda, bahwa inilah waktunya beristirahat. Waktu luang itu tidak bisa ditunggu, ya, Bun, tetapi harus diciptakan. Pilih jam tenang, saat Anda telah menyelesaikan pekerjaan dan anak-anak sudah tidur.

“Latihan harian yang konsisten adalah cara untuk melihat manfaat kesehatan mental terbesar dari meditasi,” kata psikoterapis Haley Neidich, LCSW.

Buat ruangan khusus meditasi
Bunda tidak perlu memaksakan untuk memiliki satu kamar khusus untuk meditasi. Jika tidak ada ruangan lain, Anda bisa meditasi di kamar tidur. Pastikan ruangan telah bersih, tidak dikelilingi oleh tumpukan cucian atau mainan anak-anak. Ruangan yang bersih dan suasana kamar yang tenang penting untuk diperhatikan, terutama pada tahap awal latihan meditasi.

Latihan dari sosial media
Untuk Bunda yang baru pertama kali melakukan meditasi pasti bingung harus mulai dari mana. Untuk itu, manfaatkan sosial media Anda untuk mencari informasi seputar langkah-langkah untuk memulai meditasi. Putar suara-suara yang dapat menuntun Anda agar lebih tenang.

Saat mencari tutorial meditasi di YouTube atau sosial media lainnya, pilih video atau rekaman yang sesuai dengan tujuan utama Anda bermeditasi, seperti meditasi untuk kecemasan, tidur lebih nyenyak, atau meningkatkan fokus.

Mulai dengan latihan pernapasan
Mengontrol pernapasan adalah kunci utama untuk menenangkan pikiran. Faktanya, banyak latihan meditasi yang hanya didasarkan pada pernapasan, dengan gagasan bahwa manfaat mental dan emosional akan mengikuti.

Mengatur napas menjadi lebih lambat dan teratur bermanfaat untuk menenangkan sistem saraf dan mengurangi perasaan cemas. Meditasi dapat melatih Anda agar dapat mengontrol pernapasan menjadi lebih tenang dan terbebas dari pikiran-pikiran yang mengganggu kesehatan mental Anda.

Putar musik
Mendengarkan musik dapat memberikan efek relaksasi yang pada pikiran dan tubuh Anda. Pilih jenis musik yang pelan dan tenang, untuk menemani Anda saat meditasi. Jenis musik ini memberikan berbagai manfaat seperti, memperlambat denyut nadi dan jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar hormon stres.

Para peneliti di Universitas Stanford mengatakan, mendengarkan musik dapat mengubah fungsi otak seperti halnya pengobatan. Mereka juga menambahkan, bahwa musik bisa dijadikan alat penghilang stres yang praktis dan bisa diakses siapa saja.

Baca juga:
6 CARA MENGELOLA STRES YANG DAPAT DILAKUKAN BERSAMA KELUARGA

5 KIAT ATASI STRES SAAT MENGASUH ANAK AUTISME
7 TIP CIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA BEBAS STRES

Debbyani Nurinda

 



Artikel Rekomendasi

post4

Trik Redakan Amarah

Ketika Anda marah pada seseorang atau pasangan, tenangkan diri dan berpikir sebelum bertindak. Apalagi orang yang membuat Anda marah ada dihadapan Anda, bisa-bisa suasana akan semakin memanas. ... read more