Ayah Membesarkan Anak Perempuan Tangguh

 


Bisa Dialami anak perempuan
 
Electra Complex
Pertama kali dikemukakan oleh Carl G. Jung, psikiater asal Swiss (1875 – 1961)) sebagai lawan dari Oedipus complex.
 
Electra complex adalah suatu fase perkembangan yang terjadi pada anak perempuan usia 3 – 6 tahun. Pada fase ini anak perempuan ‘jatuh cinta’ pada ayahnya dan melihat ibunya sebagai pesaing.
 
Jung mengemukakan teori ini saat melihat pasiennya yang berada pada fase phalic (fase perkembangan psikoseksual) – punya kecenderungan mirip pada anak laki-laki yang disebut fase Oedipus.   
 
 
 
Cinderella Complex
Cinderella adalah perempuan cantik, baik hati, cerdas, pekerja keras, dan mandiri. Ia  dibully oleh ibu dan kedua kakak tirinya, tapi  tidak mampu mengubah nasibnya sendiri tanpa bantuan seorang pangeran.
 
Sepanjang segala abad, perempuan diajarkan untuk menunggu ‘pria tampannya’  untuk melindungi dan membuat dirinya merasa aman. Kita hidup dalam masyarakat yang membatasi kemampuan dan kemandirian perempuan, sehingga kesuksesan perempuan kerap dikaitkan dengan pria pendampingnya.
 
Cinderella complex  dicetuskan oleh Colette Dowling, seorang terapis dan peneliti asal New York, AS yang ditulisnya dalam buku The Cinderella Complex: Women’s Hidden Fear of Independece.
 
Buku ini terbit tahun 1971, dilatarbelakangi oleh sikap militan para perempuan yang sangat ingin mandiri: Meninggalkan suami, membangun karier, membangun relasinya sendiri, dan membiayai sendiri hidupnya. Tapi setelah dijalani, ternyata para perempuan itu malah bingung.  

Imma Rachmani

 

 



Artikel Rekomendasi