Jadilah Ibu Baru Yang Unik!

 

Saat bayi lahir, banyak hal baru satu persatu muncul dalam hidup Anda. Dalam kebingungan, panik dan kelelahan, banyak ibu baru tanpa disadari justru menemukan cara unik untuk meredakan tangis bayi, dan membuatnya tidur pulas. Temukan keunikan Anda!

Misalnya, menyalakan vacuum cleaner di samping tempat tidur bayi. Atau, menidurkan bayi di stroller di dalam kamar mandi, diiringi suara kipas angin kamar mandi, seperti yang dilakukan Susan Besze Wallace, penulis buku “The New Mom’s Guide to Finding Your Own Mothering Style.” Aneh, memang. Tapi semua itu  adalah bagian dari rangkaian proses belajar yang panjang untuk menjadi seorang ibu yang baik. Dan jadilah ibu yang unik!

Temukan keunikan Anda. Sejak bayi lahir, Anda akan kebanjiran nasihat, saran, serta tips agar menjadi ibu yang pintar. Menghadapi 1001 nasihat tersebut, cobalah Anda bersikap open mind, namun tetap melakukan penyaringan informasi. Sebab, nasihat-nasihat itu belum tentu cocok untuk bayi Anda. Bayi Anda unik, begitu juga Anda! Tantangan Anda sebagai ibu baru adalah menciptakan dan mengembangkan sendiri cara perawatan dan pola pengasuhan yang sesuai dengan kebutuhan serta kepribadian bayi Anda.

Dalam bukunya, Susan memberikan beberapa kiat untuk membantu Anda menemukan keunikan Anda, yang dapat menjadi bekal dalam menjadi seorang ibu yang baik. Caranya, tanyakan pada diri sendiri.
  1. Apa saja cara perawatan dari orang tua, khususnya ibu, dan ibu mertua Anda, yang menurut Anda bisa diwariskan kepada anak? Beberapa hal mungkin bisa Anda terapkan.
  2. Apa bentuk pola asuh yang ingin Anda terapkan kepada anak? Banyak hal yang Anda alami di masa kecil, yang mungkin ingin Anda perbaiki sehingga tidak lagi dialami maupun dirasakan oleh anak.
  3. Apakah Anda cukup percaya diri menjalani peran sebagai ibu? Bila belum, jangan sungkan bertanya kepada ibu, ibu mertua, kakak perempuan, sahabat, juga kepada dokter anak Anda. Naluri keibuan butuh  waktu dan proses untuk berkembang.
  4. Sadarkah Anda bahwa bentuk hubungan Anda dan pasangan jadi berubah? Ini wajar, karena Anda sekarang adalah seorang ibu, dan pasangan Anda sekarang adalah seorang ayah. Bukan hanya hubungan dengan pasangan, hubungan Anda dengan teman pun berubah. Secara alami Anda akan butuh teman-teman sesama ibu baru maupun ibu yang sudah lebih berpengalaman, untuk belajar menjadi ibu yang baik.
Tak perlu heran, bila setiap hari, cara pandang, intuisi, pengetahuan serta wawasan Anda akan terus berkembang. Sejalan dengan bertambahnya umur bayi, Anda akan semakin pintar memadukan semua pengetahuan yang Anda punyai untuk merawat bayi, sisi-sisi terbaik diri Anda dan naluri keibuan Anda untuk menciptakan gaya perawatan dan pengasuhan unik yang betul-betul khas diri Anda. Pengasuhan unik ciptaan Anda inilah yang paling tepat bagi bayi Anda.

Baca:
Tujuh Fakta Bayi Baru Lahir
11 Kondisi Bayi Baru Lahir yang Membuat Ibu Panik
Yang Patut Dihindari Ibu Baru
9 Nasehat (yang Salah) untuk Ibu Baru
7 Kiat Ibu Ajarkan Rutinitas Bayi










 



Artikel Rekomendasi

post4

Mandiri Sebagai Single Parent

Para orangtua tunggal adalah individu yang melakukan tugas ganda, baik sebagai ayah dan ibu. Namun hidup tanpa pasangan tidak harus membuat hidup menjadi kelam. Anda pun bisa menjadi orangtua tunggal ... read more