Ketika Pekerjaan Bunda Belum Selesai

 

Menurut polling Ayahbunda, 83% ibu bekerja memilih untuk melanjutkan kembali pekerjaannya esok hari. 11% memilih untuk membawa pulang pekerjaan ke rumah, dan 6% memilih lembur. Tepatkah pilihan para bunda ini? Berikut jawaban dari Cherry R.Lukman, Psikolog dan Senior Consultant Expert.

Ketika pekerjaan di kantor belum selesai, ada tiga pilihan yang dimiliki ibu. Pertama, ibu bekerja harus lembur menyelesaikan pekerjaannya. Kedua, membawa pulang pekerjaan tersebut dan dikerjakan di rumah. Ketiga, melanjutkan pekerjaan itu esok hari.

Untuk menentukan pilihan mana yang harus diambil, Cherry mengatakan ibu bekerja harus bisa menentukan terlebih dahulu prioritas kerja. Jika deadline pekerjaan tidak bisa ditunda dan harus selesai hari itu juga, lembur adalah pilihan paling baik. Bagaimana pun, sebagai seorang pekerja, tuntutan profesionalitas harus diselesaikan.

Bagaimana dengan keluarga di rumah? Beritahukan kepada keluarga di rumah dan anak bahwa Anda harus lembur, dan akan pulang secepat mungkin setelah pekerjaan selesai. Bekerja samalah dengan suami. Sesekali lembur tidak masalah kok, Bunda.

Namun, sebelum Anda lembur, pastikan dulu bahwa segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu ada, sehingga lembur Anda tidak sia-sia. Gunakan waktu lembur seefektif mungkin. Jika memang ada beberapa hal atau data yang belum lengkap walau Anda menunggu sampai malam dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan itu, tak usah dipaksakan. Beritahukan ke atasan dan klien, serta berikan penjelasan. Jika demikian, lebih baik pekerjaan dilanjutkan besok.

Pekerjaan juga bisa dilanjutkan besok jika memang deadline masih bisa ditunda. Kerjakan sebisa dan sebaik Anda bisa hari ini, dan sisanya lanjutkan besok. Karena suami dan anak Anda sudah menunggu di rumah!

Sementara pilihan membawa pekerjaan ke rumah sebaiknya dihindari terutama untuk ibu bekerja. Ibu bekerja harus bisa membagi waktu dan memprioritaskan hal-hal penting terkait perannya sebagai ibu dan pekerja. Gunakan waktu di kantor untuk bekerja, dan sebaliknya, gunakan waktu di rumah untuk keluarga.

Membawa pekerjaan ke rumah, tampaknya bukan pilihan yang baik. Jika bisa dihindari, sebaiknya hindarilah. Dengan demikian hidup Anda bisa lebih seimbang dan Anda bisa memberikan yang terbaik juga untuk keluarga.


Angela Wika – Redaktur Ayahbunda.co.id

 



Artikel Rekomendasi

post4

Trik Redakan Amarah

Ketika Anda marah pada seseorang atau pasangan, tenangkan diri dan berpikir sebelum bertindak. Apalagi orang yang membuat Anda marah ada dihadapan Anda, bisa-bisa suasana akan semakin memanas. ... read more