3 Persiapan Menyambut Bulan Puasa Bersama Keluarga di Rumah

 


Tak jauh berbeda dengan Ramadan tahun kemarin, tahun ini Bunda dan keluarga kembali harus menyambut bulan suci penuh berkah ini dengan keterbatasan akibat pandemi coronavirus.
 
Dr Olivier Barles, Direktur Medis Regional di International SOS mengatakan, “Panduan untuk menjaga jarak, pemakaian masker, dan kebersihan tangan masih berlaku tahun ini. Meski sebagian masyarakat telah menerima vaksinasi COVID-19, namun bukan berarti pandemi ini telah usai.”
 
Meskipun begitu, semangat Ramadan tidak boleh padam. Apalagi jika tahun ini merupakan pertama kalinya si kecil mulai belajar berpuasa. Nah, persiapan apa saja nih yang sudah Bunda lakukan di rumah?
 
Yuk, simak 3 persiapan yang bisa Bunda lakukan bersama Ayah dan si kecil di rumah untuk menyambut bulan suci Ramadan.
 
Mempersiapkan mental
Bunda dan Ayah bisa mulai dengan memperbaiki kualitas beribadah misalnya dengan menggunakan waktu luang untuk membaca Al-Qur’an, memperbanyak dzikir dan berdoa.
 
Bunda yang masih memiliki hutang puasa tahun lalu, ini adalah waktu yang tepat untuk membayarnya, hitung-hitung sekalian membiasakan diri lagi untuk kembali berpuasa.
 
Membacakan cerita tentang puasa
Mengajarkan si kecil untuk memahami makna dan konsep berpuasa itu memang tidak mudah. Pertama-tama, tentunya Anda harus menjadi contoh yang baik terlebih dahulu. Nah, salah satu cara menyenangkan untuk mengajak dan mengajari anak berpuasa adalah lewat dongeng.
 
Bunda bisa membacakan kisah nabi ataupun dongeng islami. Gunakan gaya Bahasa yang atraktif dan mudah dimengerti anak-anak. Aktivitas ini dapat dilakukan sebelum anak tidur atau saat jam bermain secara berulang agar si kecil dapat mengingat dan memahaminya.
 
Silaturahmi virtual
Banyak tradisi yang biasanya dilakukan oleh umat islam sebelum memulai bulan suci Ramadan, misalnya mengunjungi rumah sesepuh keluarga dan kerabat dekat untuk bermaaf-maafan ataupun melakukan ziarah ke makam sebelum menjalankan ibadah puasa.
 
Di masa pandemi seperti sekarang, kedua tradisi ini tentunya tidak bisa dilakukan. Sebagai pengganti, Anda bisa merencanakan pertemuan secara virtual yang mengundang seluruh anggota keluarga besar. Meskipun hanya bisa melihat dari layar gadget saja, cara ini cukup ampuh sebagai obat rindu.

Debbyani nurinda

 

 


Topic

#ramadanayahbunda #ramadanprana #ramadanbulanmulia



Artikel Rekomendasi

post4

9 Tips Bukber Bersama Anak

Jangan bayangkan acara berbuka puasa bersama teman-teman atau keluarga besar jadi kurang menyenangkan karena Anda harus membawa anak balita. Lakukan persiapan ini, dan nikmatilah silaturahmi pada Bula... read more

post4

Kiat Memerah ASI

Ketika kita jauh dari bayi, ASI harus tetap dikeluarkan untuk persediaan bayi Anda jika sewaktu-waktu Anda pergi keluar rumah. Juga, agar produksi ASI tidak berkurang. Berikut kiat memerah ASI... read more