//} ?>

6 Jajanan Tradisional Indonesia yang Cocok untuk Anak-anak

 


Foto: Dok. Ayahbunda dan Femina


Balita memang belum mengenal konsep jajan, tetapi bukannya dilarang sama sekali untuk mencoba jajanan orang dewasa. Selama dijual di tempat yang bersih dan bebas dari kotoran maupun debu, tidak ada salahnya mereka ikut mencicipi jajanan tersebut. Bahkan beberapa jajanan berikut ini mulai disediakan di resto atau kafe sebagai camilan 'naik kelas'. Berikut enam jajanan yang bisa Bunda kenalkan kepada si kecil.
 
1. Kue cubit
Bentuk standarnya bulat dan lonjong, tetapi belakangan muncul variasi aneka bentuk yang semakin menarik. Rasanya pun beragam, ada yang memakai cokelat tabur sebagai topping-nya, teh hijau, hingga tapai serta diwarnai sesuai bahan dasarnya. Uniknya tingkat kematangan camilan berbahan dasar tepung terigu ini juga bisa disesuaikan selera, misalnya setengah matang atau matang. Yang jelas wajib langsung dimakan begitu selesai dibuat!
 
2. Aneka rebusan
Jajanan rebusan biasanya dijual bersama bajigur kalau di daerah Jawa Barat. Pilihannya kacang tanah, jagung, ubi, atau pisang yang sering kali dijadikan teman minum kopi dan teh di sore hari. Tentunya makanan rebusan ini lebih baik dibanding gorengan pinggir jalan. Selain mengenyangkan lebih lama, banyak manfaat yang didapat dari jajanan rebusan ini. Di antaranya ubi kaya serat dan rendah kalori bagus untuk pencernaan, kacang dengan kandungan Vitamin E dan banyak mineral baik untuk pertembuhan rambut sekaligus sumber energi, pisang dengan kandungan kalsiumnya akan meningkatkan kesehatan tulang, sementara jagung rebus dapat mencegah anemia berkat kandungan Vitamin B12, asam folat, dan zat besinya. Alternatif jajanan sehat buat si kecil, nih!
 
3. Kue pancong
Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan ini memiliki rasa gurih dan asin. Untuk memperkaya rasa kadang diberi taburan gula pasir di atasnya—sesuai selera. Ketika masih hangat teksturnya lembut sehingga cocok juga untuk dicicipi oleh anak-anak.
 
4. Kue putu bambu   
Bunyinya yang khas dijamin sudah menarik perhatian si kecil. Ajak dia untuk menunggui putu yang dibuat langsung ketika ada pesanan. Perpaduan bubuk tepung beras dan gula merah yang dimasukkan ke dalam bambu kemudian dipanaskan menggunakan uap panas akan membuat si kecil senang. Begitu selesai diberi taburan kelapa parut yang menambah selera makan, nyam….
 
5. Kue ape hijau pandan
Sering juga disebut sebagai ‘kue tetek amoy’ karena bentuknya yang menyerupai payudara gadis. Tekstur tengahnya lembut, sementara pinggirannya yang tipis sangat renyah. Adonan terbuat dari perpaduan telur, tepung terigu, tepung beras, serta air daun suji dan daun pandan. Wajib dinikmati selagi hangat dengan aroma pandan yang siap menggoda indera penciuman Anda dan si kecil.
 
6. Getuk lindri
Jajanan yang satu ini mulai sulit dicari di daerah perkotaan. Biasanya dijual menggunakan gerobak dorong dengan irama musik yang menggelegar untuk menyita perhatian calon pembeli. Getuk lindri terbuat dari singkong yang kaya nutrisi serta mengandung Vitamin A, B, C dan E yang bermanfaat bagi kesehatan. Tersedia dalam tiga pilhan warna: putih, cokelat, dan merah muda yang bisa dinikmati dengan taburan kelapa parut.
 

ALICE LARASATI


Baca juga:
Ini Alasan Anak Perlu Makan Pisang
Pengganjal Perut Balita
Kue Pancong Keju

 

 


Topic

#akuanakindonesia



Artikel Rekomendasi