Berteknologi dengan bijak

 

Teknologi diciptakan untuk tujuan memudahkan hidup manusia, jadi jangan sampai ia malah menyusahkan hidup Anda, keluarga dan anak. Ikuti tips berikut ini untuk menghindari dampak negatifnya:
  • Gunakan komputer, TV dan video game tidak lebih dari dua jam. Anak usia dini membutuhkan lebih banyak aktivitas aktif ketimbang ‘hanya’ duduk di depan layar. Fungsi perangkat teknologi adalah sebagai aktivitas pendamping bukan aktivitas utama. Anak justru banyak belajar dengan melakukan aktivitas gerak.
  • Pilih permainan yang mendidik bukan hanya sekedar menghibur, misalnya permainan yang memungkinkan anak mengenal bentuk geometri, angka ataupun abjad.
  • Jika Anda memiliki batita, tahan sebisa mungkin untuk tidak memiliki video games konsol di rumah. Tentu gadget seperti Wii, Nintendo DS atau IPod Touch tidak dilarang, tapi tunggu hingga usia anak anda lebih besar. Lebih lama anda tidak memilikinya, lebih memudahkan anda karena tidak perlu melakukan ‘negosiasi’ waktu bermain games dengan anak.
  • Buat jadwal reguler kapan anak bisa menonton TV atau bermain komputer, misalnya sepulang sekolah pukul 3 sampai 5 sore agar anak mengerti di luar waktu itu mereka tidak boleh bermain.
  • Buat hari bebas teknologi dalam keluarga, misalnya hari tanpa TV atau hari tanpa gadget di rumah. Libatkan semua anggota keluarga di hari tersebut. Teknologi memang diakui baik untuk perkembangan kecerdasan anak. Namun membatasinya juga perlu untuk melindunginya dari akibat negatif.

Baca juga: Balita belajar teknologi 



 

Artikel Rekomendasi