Tip Sungkeman Online tetap Khidmat saat Lebaran Tanpa Mudik

 

Foto ilustrasi (Freepik)

Sungkeman merupakan tradisi meminta maaf kepada orang tua yang dilakukan setiap Lebaran. Anggota keluarga yang lebih muda seperti anak, adik, menyampaikan permohonan maaf terlebih dahulu kepada yang lebih tua. Umumnya tradisi sungkeman ini dilakukan dengan bersalaman, berpelukan dengan khidmat dan terasa nuansa kasih sayang serta kerendahan hati. 

Berhubung Lebaran kali ini kita akan melakukan sungkeman online, bagaimana caranya agar kegiatan ini tetap bisa berjalan dengan khidmat sebagaimana saat bertemu langsung. Tentunya, ada beberapa kekurangan dalam kita berinteraksi melalui layar kaca. Namun kita dapat memaksimalkan upaya agar tercipta momen yang khidmat dan berkesan. 

Janjian dulu
Idealnya, sungkeman dilakukan ketika semua anggota keluarga sudah siap dan berkumpul bersama di satu ruangan. Begitu pula saat sungkeman online nanti, agar flow-nya teratur, buat kesepakatan dulu dengan keluarga di rumah dan di kampung halaman. Misalnya, pukul 7  atau 8 pagi seusai solat Id. 

Pada waktu yang sudah ditentukan nanti, semua anggota keluarga sudah siap untuk melakukan sungkeman online. Biasanya kesiapan ini ditunjukkan dengan sudah sama-sama pakai baju Lebaran, duduk bersama, dan tidak ada yang melakukan aktivitas di luar sungkeman. 

Atur juga siapa yang akan menelepon dan terlebih dahulu mengucapkan maaf, kemudian siapa berikutnya, sampai terakhir. 

Aplikasi yang akan digunakan
Mulai dari sekarang, Anda sudah dapat menentukan aplikasi video call atau video conference yang akan digunakan untuk sungkeman online, seperti WhatsApp, Zoom, Hangout, Skype. Pastikan keluarga yang akan dihubungi juga sudah mengunduhnya. Pelajari bagaimana cara kerjanya agar siap di hari H nanti.

WiFi atau kuota data
Jaringan internet adalah faktor kunci dalam komunikasi secara daring. Untuk sungkeman online nanti, pastikan kuota data sudah siap dan tidak ada kendala. 

Ruangan dengan pencahayaan baik
Pemilihan ruangan akan memengaruhi bagaimana penampilan kita terlihat di layar kaca. Pada kasus tertentu, ruangan juga berdampak pada kelancaran sinyal internet. Pilih ruangan yang memungkinkan Anda tidak membelakangi cahaya karena bisa menimbulkan backlight


ALI

 


Topic

#corona #coronavirus #viruscorona #covid19 #dirumahsaja #dirumahaja #belajardirumah #workfromhome



Artikel Rekomendasi