#SentuhanIbu untuk Ibu Anak Berkebutuhan Khusus

 


Untuk membantu memberdayakan para ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, brand perawatan kulit NIVEA menggelar program #SentuhanIbu. Periode 1 program ini telah berjalan sejak 2015, di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri A Bandung, Jawa Barat, dan kini memasuki periode 2 mulai Agustus 2017 di SLBN Bekasi Jaya dan SLB N 2 Yogyakarta.

Bentuk pelaksanaan program #SentuhanIbu adalah memberikan pendampingan dan pembekalan bertahap bagi para ibu. Menurut Diana Riaya, Media Manager PT Beiersdorf Indonesia, program ini telah berhasil mengubah pola pikir dan perilaku para ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, sehingga lebih antusias untuk meningkatkan potensi dan keterampilan anak.

“NIVEA #SentuhanIbu periode 1 dilaksanakan kurang lebih selama 1,5 tahun dengan program pembekalan bertahap bagi para peserta, yang kini telah mengubah pola pikir dan perilaku jauh lebih antusias dalam meningkatkan keterampilan, meraih peluang untuk mengembangkan potensi anak, dan berkontribusi kepada keluarga,” ujar Diana.

Sebagai pengembangan program, lanjut Diana, pihaknya juga menyeleksi beberapa peserta menjadi Ambassador NIVEA #SentuhanIbu dan menjalani training of trainers agar mereka dapat menyemangati dan berbagi dengan para ibu lainnya yang memiliki isu serupa.

Selain bekerja sama dengan SLB, NIVEA juga menggandeng Kemuning Kembar, lembaga pengembangan diri yang bergerak di bidang psikologi, pendidikan, kesehatan, dan budaya.

Anggiastri Hanantyasari Utami, Konsultan Kemuning Kembar, memaparkan, “Isu yang kerap dihadapi adalah ketika para ibu cenderung pasif dan merasa dunia luar tidak bersahabat sehingga membuat mereka kehilangan motivasi. Kami menyusun topik dan kegiatan yang diharapkan mampu mengenal emosi dan menerima keadaan, agar ke depannya lebih positif dan mampu mengelola diri sendiri dan mendampingi putra-putri mereka.”  

Regina, mama dari Natalia (12) yang menderita low vision mengaku sangat terbantu dengan adanya program #SentuhanIbu. Ia menceritakan, dulu sangat tertutup dengan keadaan putrinya, dan khawatir ujaran bernada merendahkan dari kerabat dan tetangga akan dilontarkan pada Natalia.

Namun, sekarang ia menjadi lebih percaya diri dan sudah berani mengajak Natalia jalan-jalan ke luar rumah. Bahkan menurutnya, tetangganya malu apabila melihat perkembangan Natalia sekarang.

“Dari program ini saya jadi lebih percaya diri dan sekarang Natalia sudah pintar. Kemarin main teater juga menjadi juara. Main piano, trus nyanyi, nanti tanggal tiga belas mau lomba nyanyi tingkat provinsi dan selanjutnya nasional. Ia memang bakat seninya tinggi,” ujar mama Regina.

Mr. Holger Welters, President Director, PT Beiersdorf Indonesia, mengungkapkan, “Nivea telah menjadi bagian dari keluarga di seluruh dunia. Kami meyakini bahwa keluarga adalah elemen penting dalam menciptakan masyarakat yang kuat dan sehat, tempat dimana cinta kasih tumbuh, sumber kepercayaan diri, dan terciptanya kepedulian terhadap sesama. Karena itulah kami selalu mendukung program-program jangka panjang di bawah komitmen sosial global NIVEA ‘Cares for Family’ yang bertujuan meningkatkan kualitas keluarga melalui tiga pilar, yaitu peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan ibu, dan waktu kebersamaan keluarga.”

Anda berminat untuk berperan aktif dan menjadi bagian dari kampanye NIVEA #SentuhanIbu? Dapat dengan cara menjadi sukarelawan melalui akun media sosial Facebook NIVEA ID dan Instagram @NIVEA_ID atau mengunduh buku Sentuhan Ibu via digital. Informasi lebih lengkap di www.nivea.co.id. (Alika Rukhan)

 



Artikel Rekomendasi