5 Tip Belanja Hemat dan Mudah di Supermarket

 

tip belanja hemat di supermarket
Foto: Shutterstock

Sering merasa dompet ‘kebobolan’ tiap kali belanja di supermarket, Bunda? Anda tidak sendiri, karena begitu banyak godaan di supermarket yang kalau tidak pandai mengeremnya akan membuat Anda belanja secara impulsif. Sementara, Anda perlu cermat mengelola keuangan keluarga, salah satunya dengan disiplin dan hemat dalam membelanjakan uang, termasuk untuk kebutuhan sehari-hari di supermarket.

Dilansir dari parenting.co.id, berikut ini 5 tip belanja hemat disupermarket yang bisa Anda terapkan, berdasarkan saran Gary Foreman, pemilik situs The Dollar Stretcher.
 
1. Buat daftar belanja. Dengan menyusun daftar barang yang akan dibeli, Anda belajar disiplin dan patuh pada rencana belanja yang telah Anda susun sendiri. Gunakan ‘Rumus Mencatat 12 Produk’, yaitu dalam daftar hanya ada nama-nama benda atau produk dan estimasi harga dari 12 kebutuhan rutin yang wajib Anda beli. Misal, susu, beras, peralatan mandi, dan sebagainya. Tetapkan jumlah produk sesuai dengan kebutuhan keluarga.
 
2. Yuk, jangan jadi pemalas! Biasanya, pihak supermarket menempatkan produk yang sangat ingin dijual di rak dengan ketinggian antara lutut dan punggung Anda. Bila malas memilih, tidak mau susah payah membungkuk atau menjinjit, Anda bisa mendapatkan harga produk yang lebih mahal, dibandingkan dengan produk sejenis yang ditempatkan di rak paling bawah atau paling atas. Bisa berhemat 40% hanya dengan menunduk atau menjinjit, kenapa tidak!
 
Baca juga:  Tip Belanja Aman Selama Pandemi

3. Perhatikan mood. Pernahkah Anda seperti kalap berbelanja, lalu menyesalinya kemudian setelah tiba di rumah? Perhatikan, apakah sebelum berbelanja Anda sudah makan atau mood sedang kurang nyaman? Saat lapar, biasanya tanpa sadar Anda akan membeli lebih banyak makanan. Semua tampak menggoda dan Anda perlukan. Begitu juga saat merasa lelah atau marah, Anda jadi malas untuk mencari barang yang dibutuhkan, sehingga Anda akan mengambil barang sejenis yang ada di depan mata tanpa mempertimbangkan lagi harganya. Kalau mood Anda sedang tak stabil, tunda dulu belanjanya Pastikan juga perut sudah terisi saat hendak berbelanja.

4. Pastikan harga di kasir sudah benar. Pastikan harga yang Anda lihat di rak sudah sesuai dengan harga yang harus Anda bayarkan. Harga di kasir selalu sama dengan harga aslinya. Jadi perhatikan ketika kasir sedang bekerja di mesin hitung. Jika ada kekeliruan atau perbedaan harga, segera kasih tahu. Setelah membayar dan menerima bon pembayaran, cek kembali, apakah barang yang Anda beli dan harganya sudah sesuai.   
 
5. Cari Tawaran ‘Paling Murah!’ Cari barang dengan tawaran bertuliskan ‘paling murah’ atau ‘harga promosi’. Harga murah belum tentu kualitasnya tidak bagus! Harga murah bisa karena barang tersebut adalah produk baru, produk yang dikeluarkan oleh supermarket itu sendiri, atau produk ini masih dalam tahap promosi. Namun, ada juga barang-barang yang dijual murah dengan diskon besar karena sudah mendekati masa kedaluwarsa. Tidak masalah jika Anda yakin produk masih baik dan layak pakai/konsumsi dan akan segera habis, bukan akan Anda simpan untuk jangka waktu lama. Tapi, jangan asal membeli banyak hanya karena harga diskon besar juga. Manfaatkan kartu member, kartu diskon, atau poin belanja semaksimal mungkin.
 
Baca juga: Tips Hentikan Belanja Impulsif

Bayar Sekarang atau Nanti?
Semestinya, Anda sudah memiliki alokasi dana tiap kali akan belanja di supermarket, yang diambil dari dana belanja kebutuhan sehari-hari. Pastikan cara pembayaran yang Anda pilih juga sudah sesuai. Jika Anda perlu sedikit keleluasaan atau fleksibilitas dalam membayar, mungkin memilih sistem pembayaran di kemudian hari yang lebih memudahkan bisa menjadi pilihan. Inilah yang ditawarkan Atome, penyedia layanan belanja-sekarang bayar-nanti (Buy Now Pay Later).
 
ranch market-atome

Atome yang merupakan singkatan dari Available To Me and Access to More telah hadir di Indonesia dan di delapan negara lainnya, yakni: Singapura, Malaysia, Hong Kong, Vietnam, Taiwan, Filipina, Thailand, dan Tiongkok Raya. Dengan Atome, konsumen kini memiliki kenyamanan, akses, serta kemampuan untuk melakukan pembelian produk-produk dari bermacam merchant, mulai dari produk fashion dari banyak brand ternama hingga kuliner.
 
Bertepatan dengan datangnya bulan Ramadani, Atome menjalin kerja sama dengan PT Supra Boga Lestari Tbk yang bergerak di dunia ritel modern, khususnya supermarket di Indonesia, yakni Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet by Ranch Market, Farmers Family by Farmers Market, dan Day2Day oleh Farmers Market, yang berlokasi di beberapa kota di Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya.
 
Dengan demikian, Anda bisa membeli bermacam kebutuhan dengan metode pembayaran belanja sekarang bayar nanti, yang dapat dicicil selama tiga atau enam bulan dan tanpa bunga, dengan mengunduh aplikasi Atome. Pembayaran dilakukan dengan mudah, hanya dengan melakukan scan kode QR di kasir dari masing-masing supermarket. 
 
Baca juga: Tips Belanja Bagi Keluarga Milenial

“Atome menyasar generasi milenial dan Z, dengan memberikan akses mudah bagi mereka pada produk-produk berkualitas yang menunjang hobi, passion, serta aspirasi mereka, khususnya pada bidang kuliner dan gaya hidup,” kata Richard Haris, Head of Marketing Atome Indonesia, yang mengungkap persyaratan Atome bagi konsumen sangat mudah dan bisa diakses segera.
 
Sementara, Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer dari PT Supra Boga Lestari Tbk menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan pengalaman yang sangat menarik, karena konsumen dapat memiliki akses pada produk sehari-hari yang sehat serta berkualitas dengan akses mudah dan terjangkau, terlebih pada bulan Ramadan dan Idulfitri mendatang.
 
 
Baca juga: 
Belanja Online Hemat dan Aman, Begini Caranya
8 Trik Mengatasi Anak Bertingkah Saat Diajak Belanja
Solusi Belanja Kebutuhan Ibu dan Anak
Ayah Bisa Belanja Kebutuhan Bayi

grc


 

 


Topic

#RamadanAyahbunda #PranaRamadan #RamadanBulanMulia #tipbelanja



Artikel Rekomendasi

post4

Donasi Untuk Anak Terdampak Covid-19

Bulan Ramadan bulan kebaikan. PT Frisian Flag Indonesia selama bulan Ramadan tahun ini, melalui brand FRISIAN FLAG® PRIMAGRO® telah menyelenggarakan kampanye 1000 #LangkahKebaikanPrima ‘Pintarny... read more