Bekal Untuk Calon Janin yang Sehat dan Kuat

 


Ketika Anda sedang merencanakan memiliki bayi, memenuhi nutrisi untuk tubuh sangatlah penting. Dalam periode ini sebaiknya Anda bergaya hidup sehat untuk menyiapkan kehamilan yang aman dan kuat bagi calon janin yang akan dikandung.

Ibu yang mengalami kekurangan zat gizi tertentu, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada janin. Mulai sekarang, aturlah pola makan agar semua kebutuhan gizi yang berkualitas terpenuhi. Apa saja zat-zat gizi penting yang mendukung kehamilan dan fungsinya?

PROTEIN
Memenuhi kebutuhan protein sebelum kehamilan menjadi sangat penting untuk membangun dan memelihara sel dan jaringan tubuh, sehingga tubuh Anda semakin siap saat dinyatakan hamil.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan wanita usia subur yang sudah siap hamil mengonsumsi makanan sumber protein sebesar 10-15% dari total kalori atau sebesar 60 gram per hari.

Saat Anda hamil, kebutuhan ini akan meningkat 10 gram per hari, menjadi kurang lebih 70 gram protein per hari. Protein inilah yang menjadi bahan pembuat sel-sel tubuh janin dan pembangun plasenta.

Jumlah protein yang harus tersedia sampai akhir kehamilan diperkirakan sebanyak 925 gram yang tertimbun di dalam jaringan tubuh ibu, plasenta, dan janin.

Bahan makanan yang baik untuk dijadikan sumber protein antara lain makanan sumber protein hewani, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, ayam tanpa kulit, serta susu dan hasil olahannya. Sedangkan sumber protein nabati berupa kacang-kacangan, tahu, dan tempe.


 

 



Artikel Rekomendasi