Bekal Untuk Calon Janin yang Sehat dan Kuat

 


VITAMIN D
Salah satu zat gizi yang membantu penyerapan kalsium adalah vitamin D. Memenuhi kebutuhan vitamin D sebelum kehamilan dapat menghindari gangguan metabolisme kalsium pada ibu dan janin.

Vitamin D secara umum berfungsi membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang dengan cara mengatur agar kalsium dan fosfor tersedia di dalam darah untuk diendapkan pada proses pengerasan tulang.

Selanjutnya, jika ketersediaan vitamin D di dalam tubuh mencukupi, maka kalsium di dalam tubuh pada masa merencanakan kehamilan juga cukup tersedia.

Vitamin D dibutuhkan dalam jumlah 5 mikrogram per hari, sedangkan saat hamil kebutuhan vitamin D bisa meningkat 100% menjadi 10 mikrogram per hari.

Sumber vitamin D yang mudah didapat adalah melalui sinar matahari dan makanan. Makanan hewani yang merupakan sumber vitamin D antara lain kuning telur, hati, dan mentega. Susu sapi segar bukan sumber vitamin D yang baik, sebab dalam 100 gram susu sapi hanya mengandung 0,01- 0,03 mikrogram.

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu sapi biasanya dikarenakan adanya penambahan atau fortifikasi. Vitamin D relatif stabil dan tidak mudah rusak, bila makanan dipanaskan atau disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: 
Coba Makan Ini Agar Kulit Terawat Saat Hamil
foto 123rf

 



Artikel Rekomendasi

post4

ASI Deras Juga Harus Berkualitas

Kampanye “Peduli ASI Berkualitas” oleh IDAI, BKKBN dan Blackmores mengajak calon ibu, ibu hamil hingga ibu menyusui untuk menyiapkan ASI berkualitas demi menurunkan risiko stunting.... read more