Persiapan Mental Calon Orang Tua

 

Siapkan mental Anda, sebab hidup Anda berubah saat menjadi calon orang tua. Sebagian besar waktu Anda mungkin akan terbagi untuk bayi yang baru lahir.
 
Perubahan tubuh. Tubuh yang berubah saat hamil akan mempengaruhi citra diri ibu. Jika tidak nyaman dengan bentuknya karena tidak dianggap tidak menarik, ibu bisa kehilangan rasa percaya diri, uasana hati jelek, bahkan menarik diri dari pergaulan. Pahami dan terimalah. Tubuh memang akan berubah, namun hanya sementara.

Perubahan peran. Peran calon ibu dan calon ayah yang indah itu, ternyata diiringi dengan tanggung jawab yang besar. Misalnya, calon ayah tidak boleh merokok di dekat calon ibu. Atau, calon ibu harus mengurangi makan junk food karena ada janin di tubuhnya. Untuk perubahan peran etrsebut, mental harus siap. Jika tidak, bisa mengalami konflik saat hamil.

Perubahan prioritas keuangan. Saat ini biaya yang mengiringi kehamilan dan persalinan makin mahal. Harus siap mental, karena pasti harus mengubah gaya hidup. Semisal, yang tadinya sedikit boros karena having fun, jadi berhemat untuk membayar tes laboratorium

Kompak kerjasama. Karena akan punya anak, kerja sama calon bunda dan calon ayah harus makin kompak. Kini saatnya menjadi tim yang solid dan menyingkirkan sifat egois. Kehamilan 9 bulan bisa menantang. Semisal, jika terjadi gangguan kehamilan, ibu harus bed rest, kebutuhan biaya membengkak, dan lainnya. Di masa sulit, bunda dan ayah harus tetap bergandengan tangan.

 



Artikel Rekomendasi