10 Cara Mempercepat Kehamilan

 

Dok.123RF


Beberapa orang mungkin tidak menyadari jika dirinya telah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menghambat proses pembuahan. Kehamilan pun sulit terjadi padahal Anda dan pasangan rutin bercinta. Ada beberapa tip sederhana yang dapat Anda  lakukan untuk mempercepat kehamilan yang sudah Anda dan pasangan nantikan.
 
Tingkatkan jumlah sperma 
Dilansir dari www.reuters.com, Dr. Sacha Krieg dari University of Kansas Medical Center, AS, mengatakan tingkat infertilitas naik dari 8,5% pada tahun 1992 menjadi 15% di 2009-2010. Ini bisa jadi kebiasaan buruk yang menyebabkan turunnya jumlah sel sperma

Tip: Hindari menaruh handphone atau sumber panas lainnya di area dekat skrotum Anda karena akan menyebaban sperma Anda “terbakar”. 


Tingkatkan kualitas  sperma.
Dalam sebulan, pria mampu menghasilkan 40 juta sel sperma, 1,2  juta di antaranya dilepaskan setiap ejakulasi namun menurut livescience.com, hanya 200-300 yang akan mencapai sel telur. Pastikan selalu sperma Anda memiliki kualitas tebaik untuk “menembus” dinding pertahanan sel telur.

Tip: Mengonsumsi ginseng sebanyak 100-200 mg, 3 kali sehari baik untuk kesuburan pira. Seperti dilansir dari natural-fertility-info.com, ginseng menyehatkan libido, mencegah disfungsi ereksi dan meningkatkan kinerja seksual laki-laki.


Jangan “membunuh” sperma.
Sel sperma pria sangat rentan. Produk  pemanas, pemijat dan pelumas akan mematikan sel sperma kurang dari 30 menit. Terlebih radiasi handphone juga mejadi faktor penyebab rusaknya sel sperma, jelas dr. Edmund Sabanegh dari Cleveland Clinic Beachwood, Ohio, US.

Tip: Berhenti menggunakan produk pelumas meskipun terdapat tulisan aman di kemasannya dan jauhkan semua jenis “alat getar” dari area intim Anda.


Jangan “membakar” sperma.
Secara alami leher rahim wanita mengeluarkan pH basa pada pertengahan siklus menstruasi untuk melindungi dan memelihara sperma. pH asam  akan membakar setiap spema yang melewati leher rahim.

Tip: Dilansir dari natural-fertility-info.com, buah lemon merupakan pembentuk basa tubuh karena menghilangkan ion hidrogen. Konsumsi lemon rutin menjaga pH di area “bawah”  tetap basa.


Perhatikan cara bercinta yang benar.
Cepat atau lambatnya pembuahan bisa jadi karena “aturan” bercinta Anda yang kurang tepat. Perhatikan masa subur, posisi bercinta, pola makan, manajemen stres, waktu orgasme, kenikmatan bercinta dan rutinitas bercinta Anda.

Tip: Buatlah tanggalan siklus  haid dan masa subur  untuk menentukan waktu bercinta yang tepat. Lakukan juga posisi yang bisa mempercepat kehamilan seperti posisi misionaris, mengangkat panggul wanita, mengangkat kaki wanita, doggy style, dan menyamping. 


Jangan merusak  pembuahan.
Dikutip dari yourfertility.org.au, Alkohol, rokok dan narkoba adalah faktor penyebab tidak seimbangnya hormon, buruknya kualitas sel telur dan ketidaksuburan. Bagi wanita,  merokok memengaruhi setiap tahap proses kehamilan, termasuk pematangan sel telur, produksi hormon, transportasi embrio, dan kondisi rahim.

Tip: Hindari rokok, kopi, dan alkohol. Minum lebih banyak air putih untuk membantu melumasi “mesin” reproduksi Anda.


Waspada Merkuri.
dr. Rosdiana Ramli, SpOG. menyarankan wanita agar lebih cermat dalam memilih jenis ikan untuk dikonsumsi.  Meski ikan merupakan sumber asam lemak omega3, protein, vitamin D, dan nutrisi lainnya, ikan tertentu juga mengandung merkuri dalam jumlah besar, yang bisa menyebabkan gangguan pembentukan organ dan sistem saraf janin yang dikandungnya.

Tip: Hindari mengonsumsi ikan marlin, tuna, hiu, todak dan mackerel dan beralihlah pada seafood rendah merkuri seperti udang, ikan tuna, ikan salmon, lele, atau kerang.


Periksakan diri ke dokter.
Penyakit seksual menular seperti sifilis, gonore, chlamydia, dapat menyebabkan infertilitas. Kebanyakan penyakit seksual ini tidak memiliki gejala, maka periksalah sesegera mungkin untuk mencegahnya dan mempercepat proses prakonsepsi.

Tip: Terdiagnosa memiliki penyakit seksual, bukan akhir dunia. Pastikan Anda mendapatkan pengobatan medis yang profesinal.


Jangan menunda-nunda.
Who.int menyebutkan bahwa wanita dilahirkan dengan lebih dari 1.000.000 sel telur dan akan berkurang sebanyak 700 - 1.000 setiap bulannya sejak menstruasi pertama. Semakin lama menunggu, semakin kecil kemungkinan Anda  mendapatkan kesempatan hamil. Wanita yang berusia 30 tahun akhir hingga pertengahan 40 tahun biasanya akan memiliki lebih sedikit sel telur dan lebih berisiko menjadi abnormal secara genetik. 

Tip: Jam biologis terus berdetak, jangan menunda kehamilan sebelum terlambat.Konsumsi suplemen yang mengandung asam folat setiap hari untuk mencegah keguguran dan mengurangi 70% peluang bayi  lahir cacat tulang belakang dan otak.


Jangan berhenti berharap.
Sebuah survey yang dilakukan bulan Juli dan September 2011 oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, AS, menyebutkan, sebanyak  212 wanita dari 3 klinik di Indonesia mengalami infertilitas Tetapi jangan putus harap ada banyak perawatan kesuburan yang tersedia yang dapat membantu Anda untuk hamil.

Tip: Perubahan gaya hidup sederhana yang sehat dapat menjadi kunci ajaib untuk mempercepat kehamilan Anda. Pilih makanan yang bergizi dan perbanyak asupan suplemen yang baik untuk kehamilan seperti asam folat, vitamin D, kalsium dan zat besi.



(WIT)



Baca juga:
Waspada! 3 Hal Berikut Penyebab Anda Belum Hamil Juga
7 Suplemen Penambah Kesuburan Wanita 
Sel Telur Terlalu Kuat Hingga Sulit Ditembus Sperma? 

 

 



Artikel Rekomendasi