Tips Optimalkan Sperma

 

Walau Anda termasuk kategori pria subur dan sedang merencanakan untuk memiliki anak, tak ada salahnya memerhatikan beberapa upaya agar kuantitas dan kualitas sperma optimal:
  • Bergaya hidup sehat, yakni dengan makan makanan bergizi seimbang agar berat badan ideal, cukup tidur (sekitar 7 jam sehari) dan olahraga teratur (seminggu 3 kali dengan jeda satu hari).
  • Menjaga suhu testis agar tidak panas.  Misalnya, dengan menghindari penggunaan celana ketat yang membuat kantung testis menempel ke tubuh, menghindari sering mandi di bathtub dengan air panas, dan  tidak terlalu lama duduk (berdiri 10 menit jika sudah 1 jam duduk).
  • Menjauhkan diri dari risiko terinfeksi penyakit. Misalnya, Infeksi PMS bisa menyebabkan sumbatan pada saluran tempat keluarnya sperma, bahkan bisa mengganggu pembentukan sperma (spermatogenesis).
  • Menghindari rokok dan minuman beralkohol.  Nikotin pada rokok dapat mengganggu spermatogenesis dan pergerakan sperma. Demikian juga alkohol.
  • Menghindari paparan medan elektrostatik – elektromagnetik. Misalnya, dengan tidak mengenakan celana berbahan polyester. Meski paparannya kecil, tapi bila berlangsung 24 jam, muatan listrik yang timbul akibat gesekan bahan polyester dengan kulit akan masuk ke dalam testis dan menghambat spermatogenesis.
  • Menangani dengan tepat penyakit yang bisa mengganggu fungsi testis, baik penyakit sistemik seperti hipertensi atau diabetes, maupun penyakit lokal seperti pelebaran pembuluh darah balik di sekitar testis   yang disebut varicocel. (me)
Baca juga:
Beda Sperma Normal dan Abnormal
Faktor Penentu Kesuburan Pria
Superfood Untuk Calon Ayah

 



Artikel Rekomendasi