Sperma Tangguh

 

Www.telegraph.co.uk menyebutkan, hampir 20% pria muda memiliki jumlah sperma yang rendah, yaitu kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani. Dan www.americanpregnancy.org menulis, 1 dari 6 pasangan sulit memiliki momongan di mana 30% penyebabnya adalah rendahnya jumlah dan kualitas sperma suami.
 
KESUBURAN DITENTUKAN USIA
 
Kesuburan setiap pria berbeda-beda, tidak hanya dilihat dari genetik dan pola hidup yang dijalani, tapi juga usianya saat itu.

Usia 20-30-an tahun
Pada usia ini, testis mengandung sperma matang dan tempat penampungan sperma di dalam skrotum penuh dalam waktu 3-4 hari. Itu sebabnya, pria dewasa butuh melakukan hubungan seksual setiap 3-4 hari. Normalnya, satu kali ejakulasi pria menghasilkan 50 juta sperma. Namun, hanya ratusan saja yang mampu bertahan dan bersaing, dan pada akhirnya hanya satu saja yang berhasil menembus zona sel telur. Pada usia 30-an, hormon testosteron mengalami penurunan yang berpengaruh pada menurunnya kualitas sperma.
 
Usia 40-an tahun
Pada usia 40-50 tahun, gairah seksual laki-laki mudah naik turun. Begitu gairah menurun terkadang sulit untuk menaikkannya kembali. Semakin bertambahnya usia, jumlah sperma yang matang juga mulai berkurang.
 
 
PARAMETER SPERMA SEHAT
 
Ada 3 parameter utama sperma, yaitu konsentrasi, morfologi, dan motilitas yang ciri-cirinya berdasarkan standar WHO (World Health Organization) 2010, sebagai berikut:
 
Konsentrasi
Salah satu tanda seorang laki-laki fertil atau subur bisa dilihat dari konsentrasi spermanya, yaitu ketika cairan sperma atau air mani yang keluar langsung habis dalam satu kali ejakulasi. Setiap ejakulasi, air mani mengandung 15 juta sperma per milliliter air mani.
 
Morfologi
Kualitas sperma dipengaruhi oleh bentuknya. Sperma normal memiliki kepala berbentuk oval dengan leher dan ekor yang berukuran normal, yang bekerjasama melakukan gerakan ke depan.
 
Motilitas
Kelincahan gerak sperma juga berperan penting agar sperma mampu melakukan penetrasi pada sel telur. Agar sukses menembus sel telur, sperma harus berenang melalui leher rahim, uterus dan tuba falopi.
 
Ada empat macam gerakan sperma, yaitu cepat dan lurus, cepat namun tidak lurus, bergerak-gerak di tempat, dan tidak bergerak. Laki-laki dikatakan subur saat jumlah sperma yang bergerak lurus dan cepat serta cepat namun tidak lurus minimal sebanyak 32 persen dari jumlah total.
 
Untuk mengetahui apakah sperma Anda sehat atau tidak, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kesehatan pria atau andrologi. (ES)

 

 

Artikel Rekomendasi

post4

Sperma Tangguh

Untuk para calon ayah yang ingin segera memiliki momongan, sehatkah sperma Anda? Yuk, periksa! ... read more