Kehamilan: Cermati Kondisi Gusi

 

Anda, para ibu hamil, segeralah berobat ke dokter gigi bila menderita gangguan pada gusi, misalnya periodontal atau sariawan. Sebab, hasil riset di Prancis dan AS membuktikan, penyakit gusi pada ibu hamil mampu meningkatkan risiko bayi lahir prematur!
Dari 7.151 wanita hamil yang diteliti, 1.056 di antaranya melahirkan bayinya secara prematur atau lahir dengan berat badan lahir rendah. Gangguan pada gusi akan meningkatkan risiko bayi lahir prematur sebesar 2,27 kali lipat, dan bayi lahir dengan berat badan rendah sebesar 4 kali.

Penyebab dan kaitan antara kesehatan gusi dengan risiko bayi lahir prematur ini belum berhasil diketahui secara pasti. Namun demikian, baik Vergens maupun Stamilo menyarankan agar para ibu hamil selalu menjaga kesehatan gusi dan giginya demi kesehatan buah hati yang dikandungnya.?
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda tahu manfaatnya dan risikonya bagi kehamilan Anda.... read more