Rawat di NICU

 

NICU (Neonatal Intensive Care Unit) adalah ruangan khusus di rumah sakit, untuk merawat bayi baru lahir sampai usia 30 hari, ketika dia memerlukan pengobatan dan perawatan khusus di bawah pemantauan tim dokter.

Sarana dan prasarana medis di NICU lengkap, teknologinya pun canggih. Dengan demikian, perawatan NICU mampu mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital yang dialami bayi baru lahir, yang disebabkan oleh kelahiran prematur -kurang dari 37 minggu-  atau lahir dengan penyakit bawaan.

Jenis perawatan di NICU disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Misalnya, untuk bayi sakit ringan dan tidak perlu infus, untuk bayi sakit sedang dan perlu inkubator, infus, oksigen, dan monitor jantung dan paru, dan untuk bayi sakit berat yang perlu penanganan dan pemantauan ketat, serta perawatan bayi prematur dengan usia kehamilan < 34 minggu atau berat badan  (BB) < 510 gram.

Kapan boleh pulang?
Jadwal pulang tergantung kesehatan  bayi dan proses penyembuhannya. Beberapa NICU membolehkan bayi prematur pulang jika BB sudah 2000 gram, ada pertambahan BB setiap hari, bayi tidak butuh alat bantu oksigen dan infus, serta bisa minum layak. Adakalanya bayi dengan  BB kurang dari 2000 gram pun bisa dipulangkan, asal kondisi umumnya baik dan ibu dapat merawatnya dengan baik di rumah.
Dengan perawatan intensif dari tim dokter, rumah sakit, dan yang tidak kalah penting, serta  curahan kasih sayang dan doa Anda, peluang bayi untuk melewati kondisi kritis semakin besar. Dia pun bisa cepat pulang ke rumah!

 



Artikel Rekomendasi