Barang Wajib Ibu Hamil

 

Saat ibu hamil harus menjalani sembilan bulan yang menakjubkan, diperlukan beberapa barang yang juga menakjubkan. Miliki segera barang wajib ibu hamil ini!

Serangan sakit punggung, sulit tidur, perubahan mood yang drastis dialami oleh ibu hamil. Untuk menghidarinya Anda perlu ‘senjata’ ampuh untuk membuat sembilan bulan menakjubkan Anda nyaman. Karena kenyamaan ibu hamil dapat memengaruhi tumbuh kembang si janin.
  • Bantal. Apapun bentuk dan ukurannya, bantal akan menjadi ganjalan yang nyaman untuk tubuh, punggung, pinggang atau kaki. Pilih bantal khusus untuk ibu hamil yang dapat sekaligus digunakan untuk menyusui. Multifungsi!
  • Perlengkapan pijat. Dipijat kala hamil itu rasanya seperti surga dunia. Jangan ragu untuk minta suami memijat. Agar proses memijat makin menyenangkan, sediakan perlengkapan pijat, seperti minyak pijat aroma terapi atau alat pijat khusus dari kayu atau plastik atau alat pijat elektrik. Otot-otot tegang Anda akan sirna sekejab.
  • CD atau alat musik. Mood naik turun pada ibu hamil sangat wajar, karena dipengaruhi oleh perubahan hormon. Coba atasi  dengan pasang CD dari penyanyi atau grup musik kesayangan Anda.  Musik untuk ibu hamil mampu menciptakan rasa nyaman dan relaks.
  • Baju hamil. Usia kehamilan Anda memasuki trimester kedua, saatnya belanja baju hamil! Koleksi baju Anda sebelum hamil sudah tidak muat dipakai lagi, Bunda. Beli baju hamil, utamakan kenyamanannya.
  • Pakaian dalam. Setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu, kenakan bra hamil dengan ukuran yang pas dengan payudara yang makin membesar. Fungsinya agar bra dapat menyangga payudara dengan sempurna. Masuk  minggu terakhir kehamilan, kenakan bra khusus untuk menyusui. Masuk usia 16 minggu, sebaiknya kenakan celana dalam dengan ukuran lebih besar atau pakai celana dalam khusus untuk ibu hamil.
  • AC atau kipas angin. Meningkatnya hormon progesterone pada ibu hamil mengakibatkan pembuluh darah kecil pada kulit terbuka lebar. Ibu hamil pun sering merasa kepanasan. Anda perlu AC atau kipas angin. Tapi tetap perhatikan suhu dan jarak antara AC atau kipas angin dengan Anda, jangan sampai malah membuat masuk angin.
  • Buku kehamilan dan pengasuhan anak. Buku-buku kehamilan dapat menjadi panduan menghadapi berbagai macam kejadian dalam tiap fase kehamilan. Buku-buku pengasuhan anak akan menjadi sumber informasi bagaimana milestone dan menghadapi polah si kecil kelak. Sisakan  waktu untuk membaca!
  • Penyangga perut. Perut Anda yang makin membesar terasa seperti menarik seluruh area panggul dan punggung mengikuti gaya gravitasi bumi. Akibatnya otot punggung bagian bawah sampai kaki tegang. Anda butuhkan ikat pinggang (belly belt) atau penyangga perut (maternity belt). Namun tidak disarankan untuk dipakai terus menerus sepanjang hari, karena otot perut perlu diberikan kesempatan untuk menahan berat janin secara alami. (me)
Baca juga:
Perlengkapan Menyusui
Perlengkapan Perawatan Bayi

 



Artikel Rekomendasi