Ibu Hamil Makan Serat

 

Konsumsi makanan tinggi serat dapat mengontrol pertambahan berat badan ibu hamil. Selain itu juga  mencegah ibu hamil terkena sembelit. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ibu hamil konsumsi makanan tinggi serat:
  • Tambahkan secara bertahap. Jika sebelum hamil, tidak terbiasa makan makanan tinggi serat, upayakan pemenuhan kebutuhan serat selama hamil secara bertahap. Agar, sistem pencernaan mendapat kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan jenis makanan yang dikonsumsi. Tindakan ini juga mencegah timbulnya rasa kembung dan kelebihan gas dalam perut.
  • Batasi asupan serat.  Ahli kesehatan merekomendasikan, asupan serat untuk ibu hamil sebaiknya dalam batas 25-30 gram per hari. Karena, asupan serat yang berlebihan dapat membawa zat-zaat gizi keluar dari sistem pencernaan sebelum sempat dimanfaatkan oleh ibu dan janin. Untuk mengetahui berapa banyak serat yang dibutuhkan tubuh Anda, konsultasikan ke dokter kandungan Anda.
  • Jangan makanan makanan tinggi serat bersamaan dengan makanan berkalsium. Serat dapat mempengaruhi penyerapan beberapa jenis mineral, terutama kalsium. Jadi, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tinggi serat  pada saat ingin menambah asupan kalsium.
  • Perbanyak minum. Minumlah sedikitnya 8 gelas sehari, sehingga serat bergerak secara perlahan dalam saluran pencernaan. Jika tidak tersedia cukup cairan, maka kandungan air dalam serat akan kurang. Kondisi ini yang menyebabkan perjalanan serat dalam saluran pencernaan terhambar. (me)

 



Artikel Rekomendasi