Balita tak mau tidur

 

Meski mengantuk dan lelah, balita Anda tetap tak mau tidur. Ayo susun strategi untuk mengatasinya.

  1. Atur jadwal tidur. Kebutuhan tidur balita memang beda. Ada balita yang masih butuh tidur pagi dan siang, masing-masing 1-2 jam, tapi, ada pula anak yang tak butuh tidur siang sama sekali. Sebenarnya, selama ia tak rewel karena pola tidurnya terganggu, tidak apa-apa. Anda bisa memulai menjadwal jam tidur teratur lebih awal. Misalnya, antara jam 19.00-20.00. Balita bisa sulit tidur juga karena overstimulasi. Kalu memang ia penyebabnya, cara paling jitu adalah menerapkan ritual tidur yang teratur.  Dari keteraturan, lebih mudah menstruktur jadwal harian balita. Meski begitu, tak berarti jadwalnya jadi kaku. Jalankan saja secara alami, perubahan sedikit di sana-sini dari jadwal bisa disesuaikan.
  2. Hindari kegiatan bermain yang terlalu ribut dan mendorongnya melompat-lompat. Lebih baik ajak dia menyusun puzzle, menyusun balok, mendengar CD lagu anak yang menyenangkan dan menenangkan, atau sekedar melihat-lihat foto.
  3. Ajak bermain di ruang keluarga menjelang jam 18.00. Setelah makan malam, ikutlah bersama anak ke kamarnya.
  4. Sebaiknya Anda memiliki ritual tidur dengan alur yang lebih terstruktur agar proses cooling down lancar. Anda bisa bercerita, membacakan dongeng, bermain baying-bayang, membiasakan berdoa sebelum tidur dan menyanyikan lagu.
  5. Redupkan lampu dan redakan suara di sekeliling karena balita sungguh peka dengan rangsang suara maupun hiruk-pikuk tanpa suara, ada baiknya, Anda sekeluarga menyesuaikan ritme balita yang tidak mau tidur ini.
Baca juga:
Menata kamar balita
Mendongeng pada balita

 



Artikel Rekomendasi