Tangan Bayi Bisa "Bicara"

 

Bayi punya cara lain mengekspresikan keinginan, yakni lewat gerak tangan.

Lihatlah kedua tangan mungilnya! Terkadang keduanya dikepalkan atau terbuka dengan santai. Gerakan tangan biasa? Betul, tetapi terkadang posisi tangan itu juga bahasa tubuh bayi yang menunjukkan dirinya sedang bahagia, sedang fokus pada sesuatu, atau bahkan sinyal bahwa ia sedang bosan.  

Posisi tangan: jari-jemarinya terbuka lebar, berusaha menggapai sesuatu yang lebih tinggi atau lebih jauh.
Tandanya: Bunda, ini menarik sekali. Aku ingin bermain!
Si mungil sedang merasa senang dan terlihat fokus pada sesuatu. Apalagi bila ada mainan atau benda lain dengan warna menarik di dekatnya. Hm, dengan gerakan tangan seperti itu, bayi memberikan sinyal bahwa ia baik-baik saja, namun ia membutuhkan hiburan, sehingga, inilah waktunya Anda bermain dengannya.

Posisi tangan: menggenggam tidak erat, jemarinya terkulai santai atau terbuka. Kedua lengan sesekali terangkat ke atas, lalu kembali terkulai.
Artinya: Aku sedang tidur dan bermimpi.
"Tolong jangan ganggu aku!" Itu yang dikatakan bayi Anda, karena dengan posisi tangan seperti ini, dia berada dalam fase tidur yang nyenyak sehingga mungkin sedang bermimpi. Anda bisa memastikannya lewat genggaman kedua tangannya yang tidak begitu erat. Kedua kelopak matanya yang terpejam pun pun sesekali seperti berkedip dan bola matanya bergerak-gerak. Pada saat ini, seringkali bayi mudah terbangun atau terbangun sendiri dari tidur. Tetapi biasanya ia akan melanjutkan tidur lagi, masuk ke fase tidur yang lama dan tenang. Hore! Anda bisa istirahat juga!

Posisi tangan: Kedua tangan ditekuk santai, jari-jari sedikit dikepal, namun tetap terlihat santai.
Maknanya: Aku baik-baik saja, Bunda.
Maka untuk beberapa menit ke depan Anda bisa membaca majalah dengan tenang karena bayi Anda akan menyibukkan dirinya sendiri. Pada saat seperti ini ia sedang merasa puas dan keadaannya baik-baik saja. Itu sebabnya, ia tidak membutuhkan rangsangan apa pun dari orang lain. Sayangnya, kondisi seperti ini biasanya tidak bertahan lama. Karena dengan posisi tangan seperti ini, dalam beberapa menit ke depan bayi akan butuh hiburan.

Posisi tangan: jari dan tangan terkulai santai di sisi kepala. Bila digendong, tangan tetap tergantung,  jemari terlihat lemas mengepal.
Yang ingin dia katakan: Aku lelah, Bunda.
Waktunya tidur, nih, karena posisi tangannya menunjukkan tenaga bayi sudah terkuras habis dan dia butuh istirahat. Semenarik apa pun rangsangan yang Anda berikan, tidak akan bisa membuat bayi Anda segar atau tertarik. Sudahlah, tidurkan saja. 

Posisi tangan: terkepal kuat
Katanya: Aku tidak suka!
Bunda, bayi sedang membutuhkan perhatian! Sinyal yang ia kirimkan bisa saja karena ia merasa perutnya sakit atau ia merasa takut pada orang yang belum dikenal atau benda asing. Dalam keadaan itu, kedua tangannya akan terkepal sangat kuat. Segera bantu dia!

Baca juga:
Tangan dan Kaki Bayi Dingin
Bermain Dengan Tangan dan Kaki
Kelainan Jari Polidaktili pada Bayi





 



Artikel Rekomendasi