Anjuran di Hari Pertama Paska Caesar

 

Inginnya sih langsung menimang bayi. Apa daya bergerak masih sangat terbatas dan nyeri setelah menjalani operasi caesar. Tidak perlu bad mood. Kalau mau ingin cepat pulih, inilah yang harus dikerjakan hari pertama paska kelahiran
 
Sekitar 24 jam setelah caesar, Anda masih berada di ruang pemulihan dan dalam pantauan tim penolong persalinan. Memang, belum banyak yang bisa Anda lakukan pada saat ini. Bahkan, mungkin Anda masih belum percaya pada apa yang baru saja Anda alami. Ini biasa kok. Apalagi, kalau operasi adalah keputusan yang mendadak. Misalnya, janin Anda terlalu besar, sehingga tidak bisa melewati rongga panggul.

Walau begitu, percayalah, begitu Anda melihat bayi yang sedang terlelap di samping Anda, pasti rasa lega dan bahagia langsung menyelimuti.

Ah, kenapa segalanya masih terasa campur aduk? Memang. Meski Anda sudah lega, tidak bisa dipungkiri kalau tubuh Anda masih sangat lemah. Belum lagi perut bagian bawah terasa nyeri akibat jahitan operasi. Punggung bagian bawah bekas anestesi juga terasa tidak enak. Kok bisa? Karena, sampai saat ini, Anda belum boleh minum dan makan (anestesi selama operasi membuat gerak pencernaan belum sempurna kembali), maka cairan infus masih terus terpasang di salah satu lengan Anda. Demikian pula kateter. Alat yang satu ini berfungsi membantu mengosongkan kandung kemih.

Masalahnya, semua rasa tidak nyaman yang bercampur jadi satu itu membuat badan Anda kaku dan tidak bisa bergerak. Saking kakunya perut Anda, bersin dan batuk pun terasa begitu menyiksa.
 
Yang bisa dilakukan:
  • Berdekatan dengan bayi Anda. Dekap dan peluklah sesering mungkin. Ini bukan saja membuat Anda merasa bahagia, tetapi juga membantu mengalihkan dan menghilangkan rasa sakit serta semua rasa tidak nyaman.
  • Berusahalah memberi ASI, meski agak sulit awalnya karena tubuh masih kaku dan nyeri. Tetapi, Anda sendiri tahu betapa pentingnya menyusui bagi Anda berdua, apalagi pada saat ini.
  • Sering-sering menggerak-gerakkan ujung jari dan pergelangan kaki untuk melancarkan kembali peredaran darah di bagian bawah tubuh.
Yang belum bisa dilakukan:
  • Menegakkan punggung atau duduk, kecuali dibantu.
  • Mandi dan membersihkan badan. Tak usah khawatir, perawat akan dengan senang hati membantu Anda.
Yang bisa meringankan:
  • Turuti nasihat dokter, bidan atau perawat. Jangan memaksa, kalau mereka belum mengizinkan untuk minum atau makan. Semua ini untuk kebaikan Anda.
  • Batasi pengunjung. Meski senang dikunjungi, katakan bahwa Anda masih perlu beristirahat dengan tenang.
Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi