Makan Benar Saat Hamil

 

Urusan mengisi perut ketika Anda hamil jadi sangat penting, karena itu ibu hamil harus memperhatikan pola makan. Pola makan yang benar bermanfaat menjaga pasokan energi ibu agar tetap kuat dan bugar selama hamil, ibu jadi tak mudah lemas, mencegah sakit dan komplikasi kehamilan, mencegah kenaikan berat badan, menjamin pertumbuhan janin yang optimal, menjamin berat badan janin cukup saat dilahirkan, dan mencegah komplikasi saat bersalin. Bukan hal sulit kok, jalani pola makan sehat dengan 9 langkah ini. 
  1. Makan lengkap 3 kali sehari, jangan ada yang terlewat.Kebutuhan kalori ibu hamil adalah 200 kilo kalori per hari pada trimester pertama, saat itu pertumbuhan janin masih lambat dan kebutuhan gizinya belum terlalu banyak. Di trimester selanjutnya, kebutuhan kalori jadi 2300 kilo kalori per hari sebab janin bertumbuh semakin besar. 
  2. Setiap makan, pastikan mengonsumsi semua jenis nutrisi: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan lainnya lengkap dan seimbang.
  3. Sarapan, penting untuk mengatasi lesu saat bangun tidur akibat kadar gula turun karena tidak amakan semalakam. Bila terlewat sarapan, Anda akan kelaparan, demikian janin.
  4. Hamil harus ngemil. Waktunya, pagi pukul 10.00 dan pukul 16.00. Camilan penting untuk mengisi perut, menambah tenaga dan melengkapi nutrisi. Jenis: biskuit, serealia, buah, kacang, keju, yoghurt. Hindari permen, kerupuk, keripik kentang, roti, cokelat, atau makanan-minuman tinggi kalori yang tidak terlalu dibutukan tubuh, jika bekerja, bawa camilan ke kantor agar tidak kelaparan.
  5. Pilih makan segar daripada olahan atau awetan, sebab makanan olahan cenderung tinggi garam, tinggi gula, dan banyak mengandung zat aditif.
  6. Batasi garam, sebab memicu tekanan darah tinggi dan membuat kaki bengkak akibat tertahannya cairan tubuh.
  7. Makan sedikit tapi sering, efektif mengatasi gangguan kehamilan yang berhubungan dengan kerja sistem pencernaan, di antaranya mual, muntah dan panas dada (heartburn).
  8. Kurangi makanan minuman berkafein (kopi, teh, kola dan cokelat), sebab berisiko menganggu perkembangan sistem saraf pusat janin. Batasi hanya 1 cangkir sehari.
  9. Cermat pada kebutuhan kalori ibu hami per hari.
  • Trimester 1: Masih seperti sebelum hamil, sekitar 2000 kilo kalori per hari. Ini karena, pertumbuhan janin masih lambat dan kebutuhan gizinya belum besar.
  • Trimeseter 2: Kebutuhan kalori naik jadi 2300 kilo kalori per hari, sebab tumbuh kembang janin makin pesat. Dapatkan tambahan kalori dari 2 cangkir nasi (atau penggantinya), atau dari snack.
  • Trimester 3: Kebutuhan kalori 2300 kilo kalori per hari. (me)
Baca juga:
Memahami Konsep Makan Berdua
Zat Gizi Sempurna Ibu Hamil
Vitamin Penting Ibu Hamil



 



Artikel Rekomendasi