Langsing Setelah Melahirkan

 

Nikmatilah masa kehamilan 9 bulan Anda. Jangan takut gemuk! Selama mengikuti gaya hidup sehat dan seimbang, Anda akan lebih mudah menurunkan berat badan setelah melahirkan. Begitu melahirkan, usahakan memberi ASI Eksklusif. Pemberian ASI terbukti mempermudah menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Lakukan olahraga mulai dari olahraga yang ringan setelah Anda merasa mampu. Konsultasikan pada dokter kapan bisa mulai berolahraga. Awali dengan berjalan kaki keliling komplek untuk membakar kalori. Setelah melahirkan, tidak ada salahnya mencari tahu kebutuhan kalori Anda sehingga bisa mengatur sendiri makanan yang harus dikonsumsi. Selain itu perhatikan juga apa yang tubuh Anda katakan, misalnya:
  • Apakah saya benar-benar merasa lapar? Jika Anda memang lapar, maka makanlah. Namun jika sebenarnya Anda hanya merasa lelah atau bosan sehingga bawaannya ingin ngemil, maka istirahat, menelepon teman, jalan-jalan ke luar rumah atau bermain dengan bayi Anda bisa menjadi solusi.
  • Apakah saya benar-benar menginginkan makanan itu? Ketika Anda sangat menginginkan makanan seperti es krim cokelat, Anda bisa saja menghabiskannya dalam porsi besar. Siasati dengan memilih makanan sehat terlebih dulu. Cobalah makan yogurt atau kacang baru makan es krim. Saat perut sudah sempat terisi makanan lain, maka keinginan untuk menghabiskan dalam porsi besar biasanya akan berkurang.  
  • Apakah saya sudah cukup kenyang? Jika jawabannya iya, maka berhentilah makan. Orang cenderung menghabiskan semua makanan yang ada di piring mereka. Cobalah untuk berhenti sejenak setiap gigitan ke-5 atau ke-10. Jika Anda merasa cukup kenyang dan perut terasa penuh maka itu tandanya Anda harus berhenti makan. (me)
Baca juga:
Bahaya Langsing Instan
Menyusui Itu Melangsingkan

 



Artikel Rekomendasi