Kedokteran Tidak Mengenal Rahim Kering

 

Dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ini adalah istilah awam yang mengibaratkan rahim sebagai ladang, sehingga ladang yang tidak subur disebut ladang kering. Memang kesulitan hamil ada yang disebabkan faktor rahim, antara lain infeksi mulut rahim, miom, kelainan rahim, kelainan selaput lendir rahim, dan sebagainya. Namun, semua dapat diobati dan bukan sebagai disebut “rahim kering.”

Jika Anda dan suami kesulitan memiliki anak, sebaiknya melakukan pemeriksaan lengkap ke dokter kandungan subspesialis fertilitas. Karena, 40% kesulitan hamil disebabkan faktor istri, 40% faktor suami, 10% faktor gabungan antara suami dan istri, serta 10% belum diketahui. Suami yang punya anak pada pernikahan sebelumnya, bisa saja mengalami perubahan sehingga memiliki masalah yang menjadi penyebab sulit memiliki anak lagi.

Pemeriksaan bagi isteri terdiri dari pemeriksaan kondisi rahim, indung telur dan saluran telur. Pemeriksaan bagi suami adalah analisa kondisi jumlah sel, mencakup milliliter, jumlah sel yang mampu berenang, serta jumlah sel sperma yang berbentuk normal.  

 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more