Trik Kompres Anak Demam

Trik Kompres Anak Demam  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Kompres paling efektif untuk menurunkan suhu tubuh balita adalah dengan air hangat. Karena, bila tubuh dikompres dengan air hangat, pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat. Tubuh pun akan menurunkan suhunya secara otomatis.

Begini Caranya:
  • Sebelum mengompres, sediakan baskom kecil berisi air hangat dengan suhu ± 38 ºC. Basahi handuk atau waslap dengan air hangat tersebut.
  • Saat mengompres, buka baju balita. Letakkan handuk di ketiak dan lipatan paha,  bukan di dahi. Ketiak dan lipatan paha dilintasi pembuluh darah besar, sehingga segera memberi sinyal ke pusat pengatur suhu di otak untuk menurunkan demam. Kompres bagian tersebut ± 10 menit. Bila handuk sudah berkurang hangatnya, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat. Kompres lagi sampai suhu tubuh anak menurun.
  • Selesai mengompres, seka bagian yang habis dikompres (kemungkinan basah) dengan cara menekan-nekan kulit, jangan digosok. Gunakan handuk kering. Kenakan kembali baju si kecil. Pilih baju yang tipis dan longgar sehingga membantu meredakan demam melalui proses penguapan.Tutupi anak dengan selimut tipis apabila kedinginan atau menggigil.
Hal-hal lain yang sebaiknya Anda perhatikan:
  • Jangan arahkan AC atau kipas angin langsung ke tubuh balita agar ia nyaman selama demam.
  • Susui atau beri anak cairan yang cukup –bisa air putih, jus atau kuah sayuran seperti sup– untuk menghindari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).
  • Istirahatkan balita. Aktivitas akan meningkatkan demamnya.
  • Anak tetap boleh dimandikan dengan air hangat bersuhu ± 38 ºC.
  • Beri obat penurun panas seperti parasetamol atau ibuprofen bila setelah 24 jam dikompres demam balita tidak turun. Cermati jangka waktu pemberian obat penurun panas dan dosisnya, karena terus-menerus memberi obat penurun panas tidak baik efek sampingnya. Seperti parasetamol, bila diberikan terus-menerus dalam dosis banyak berisiko merusak organ hati.
  • Bawa balita ke dokter bila demam tidak turun dalam waktu 3 hari.
Plester Kompres, Efektifkah? Plester kompres siap pakai yang banyak terdapat di pasaran sebenarnya untuk tambahan saja, seperti juga kompres tradisional dengan waslap atau handuk yang dibasahi air hangat. Fungsinya tidak seefektif parasetamol atau ibuprofen dalam menurunkan demam. Plester kompres ini dibuat dari bahan hydrogel yang diformulasikan sedemikian rupa sehingga mampu mempercepat proses pemindahan panas dari tubuh ke plester kompres. Bila Anda menggunakan plester kompres jenis ini, maka:
  • Letakkan di ketiak dan lipatan paha. Sebelumnya, potong sesuai ukuran yang dikehendaki. Bila masih terdapat sisa, simpan sisa yang belum digunakan di lemari es di bagian cooler.
  • Kompres kurang lebih 30 menit.
  • Hati-hati setelah selesai digunakan. Cabut bekas plester kompres pelan-pelan dengan mengoles baby oil di daerah yang ditempel plester kompres. Jangan dicabut dengan paksa.
  • Plester kompres hanya digunakan untuk pemakaian luar, bukan untuk kulit yang terluka.(me)
Baca juga:
Trik Memberikan Obat Penurun Panas






Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   38084   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24224   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20505   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17573   
>  Balita Hobi Tampil   11053   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak