Detak jantung janin

 

Heart rate (HR) atau detak jantung janin dapat dideteksi kurang lebih pada usia kehamilan 6 minggu dan lebih jelas digambarkan pada usia kehamilan 7 minggu.

Normalnya, denyut jantung janin usia 6 minggu adalah 90 hingga 110 denyut per menit (dpm) sedangkan pada usia 9 minggu ke atas berkisar antara 140 dpm dengan variasi normal 20 dpm di atas atau di bawah nilai rata-rata tersebut. Jadi, nilai normal denyut jantung bayi berkisar antara 120 hingga 160 dpm. HR pada janin normalnya memang jauh lebih cepat dibanding HR orang dewasa atau bahkan anak-anak. Ditambah lagi bahwa perkembangan jantung janin itu telah cukup fungsional setelah mencapai umur kehamilan kurang lebih 12 minggu.

Bila pada usia kehamilan 5 hingga 8 minggu terjadi perlambatan denyut jantung (kurang dari 90 denyut per menit) atau istilahnya bradycardia, bisa dikaitkan dengan risiko tinggi terjadinya keguguran. Ibu hamil harus mengonsumsi makanan cukup gizi dan mudah dicerna, agar nutrisi yang penting untuk perkembangan bayi bisa tercukupi dengan baik. Tenangkan hati dan pikiran agar aliran darah ke dalam rahim berjalan normal dan lancar. Keadaan psikis dan emosional Bunda yang tertekan dapat menimbulkan reaksi "cepat” atau “terburu-buru" pada pertumbuhan janin, oleh sebab itu HR janin dapat menjadi tinggi sebagai kompensasi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan organ-organ tubuhnya. (me)

Baca juga:
Menangani jantung bayi berlubang
Hamil dengan gangguan jantung
Penyakit Jantung Bawaan


 

Artikel Rekomendasi