Menangani Jantung Bayi Berlubang

Menangani Jantung Bayi Berlubang Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Ventricular Septal Defect (VSD) atau ada lubang pada sekat bilik jantung, akan menimbulkan gejala pada usia 3 bulan. Karena, pada saat lahir, tahanan atau tekanan di paru-paru masih tinggi sehingga tekanan di bilik kanan jantung juga tinggi. Hal ini menyebabkan darah tidak akan mengalir dari bilik kiri ke bilik kanan, karena tidak ada perbedaan tekanan yang bermakna antara kedua bilik, meskipun di antara keduanya ada lubang (VSD), sehingga belum menimbulkan bising jantung (murmur).

Penanganan VSD:
  1. Jika ada keluhan seperti anak sesak napas, berat badan sulit naik, biasanya diwali dengan pemberian obat-obatan. Bila ada perbaikan, tindakan penutupan VSD, baik dengan operasi maupun tanpa operasi, dapat ditunda sampai anak berusia 1 atau 2 tahun. Sebaliknya, bila dengan obat-obatan gejalanya tidak membaik, maka tindakan penutupan VSD harus segera dilakukan.
  2. Kalau berat badan anak belum mencapai 10 kg, pengobatannya hanya dengan cara operasi. Tetapai kalau berat badan di atas 10 kg, bisa tanpa operasi dengan risisko lebih kecil. Disarankan untuk periksa ke dokter jantung anak untuk menilai VSD-nya.





Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Dicubit Teman
Pernahkah anak Anda dicubit oleh temannya sampai biru?
Ya
Tidak