Prostatitis Ganggu Kesuburan

 

Prostat adalah organ reproduksi yang terletak di bawah kandung kemih. Organ ini merupakan kelenjar yang menghasilkan cairan yang menjadi bagian dari air mani. Saat ejakulasi, prostat ikut berkontraksi untuk  menyemprotkan cairan semen dan sperma keluar untuk melancarkan proses ejakulasi.

Gangguan pada prostat yang disebut prostatitis ini berupa radang yang diakibatkan infeksi pada prostat. Radang pada organ ini dapat mengurangi kesuburan pria  karena cairan mani yang dikeluarkan bukan merupakan media atau lingkungan yang baik bagi sperma, sehingga sperma lemah dan cepat mati. Penyebab prostatitis adalah bakteri yang berasal dari saluran kemih berpindah melalui air seni ke kelenjar prostat.

Gejala. Penderitanya akan merasa sakit seperti terbakar saat buang air kecil, sulit buang air kecil, sakit di perut dan punggung bagian bawah, juga pada penis dan testis. Tanda-tanda lainnya adalah rasa sakit saat ejakulasi dan merasa demam seperti flu. Meski prostatitis lebih banyak dialami pria usia 45 tahun ke atas namun bisa juga menyerang pria usia 35 tahun. (me)


 



Artikel Rekomendasi

post4

Calon Ayah Harus Periksa Apa?

Idealnya, setiap calon ayah memeriksakan diri sebelum berencana punya anak. Tentu saja pemeriksaan fisik dan laboratorium penting agar kehamilan sehat tercapai.... read more

post4

5 Tips di Masa Prakonsepsi

Jika Anda sedang berusaha memiliki bayi, apa saja yang harus dilakukan agar kondisi Anda tetap prima saat hamil nantinya? Simak 5 tips berkut:... read more