Hamil, Proses Belajar Menjadi Ibu

 

Foto: shutterstock


Saat Anda menjalani kehamilan, Anda sedang belajar menjadi ibu. Inilah sekolah pertama Anda.

 

Isu seputar kesuburan membayangi banyak pasangan, namun ada cara alami untuk meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh untuk hamil: ubah gaya hidup dan pilihan asupan menjadi lebih sehat. Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan untuk melawan radikal bebas yang ada di tubuh kita dan mengganggu  sel telur dan sel sperma, vitamin dan mineral, kaya serat dan perbanyak protein. Hindari lemak trans, tidak berlebihan mengonsumsi karbohidrat - terutama bila Anda mengidap PCOS (polycystic ovary syndrome), kurangi kafein dan alkohol.

 

Terapkan gaya hidup sehat sepeprti membiasakan sarapan dengan asupan gizi seimbang., tidur cukup, dan olahraga rutin. Yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan mental, jauhi stress, dan luangkan waktu untuk relaks. 

 

Hamil sehat

Ketika Anda dinyatakan hamil, rasanya sangat membahagiakan. Meski ini merupakan proses almil tidak selamanya terasa nyaman. Mual, pusing, dan mudah lelah akan Anda rasakan sebagai akibat perubahan hormon. 

 

Pada masa ini kondisi mental penting dijaga. Tetapi aktif, menikmati hobi atau me time. Jaga penampilan agar tetap cantik dan tampak segar, kenakan pakaian yang stylish namun tetap nyaman, akan membangkitkan mood. Mood baik, Anda akan bahagia. 

 

Bonding dengan janin

Seribu hari pertama dalam kehidupan sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun adalah periode kencana (golden periode) seorang anak. Tak perlu menunggu sampai bayi lahir untuk melakukan bonding dengannya. Kehamilan bisa menjadi saat yang tepat untuk memulai menciptakan kelekatan dengan bayi, yang sangat penting bagi perkembangannya kelak saat dia lahir. Ini yang dirasakan janin di dalam rahim:

- Suara. Bisa didengar oleh janin saat dia berumur 18 minggu. Dia mendengar detak jantung dan pergerakan perut. Di usia 26 minggu janin mulai bereaksi terhadap bunyi di dalam dan di luar tubuh ibu. Mungkin dia merasa nyaman saat mendengar suara ibu sewaktu berbicara. 


- Bahasa. Setelah 32 minggu janin mulai mengenali beberapa bunyi vokal. Dikatakan bahwa perkembangan bahasa paling dini, kemungkinan dimulai sebelum bayi lahir. 


- Pandangan. Retina  terbentuk ketika janin berusia 20 minggu, mulai membuka mata dan melihat cahaya di usia 22 minggu. Namun mata janin akan terus berkembang setelah lahir. 


- Sensasi. Di usia 18 minggu janin senang tidur di dalam rahim ketika ibu terjaga dan aktif bergerak, karena gerakan ibu seperti ayunan yang membuatnya terlelap. Janin merasakan nyeri di usia 22 minggu, dan pada minggu ke 26 mereka bisa bergerak untuk memberikan respons pada tangan yang mengelus perut ibu. 

 

Lakukan ini untuk menjalin bonding

- Ajak bicara dan menyanyi, karena janin bisa mendengar suara Anda. Suara Anda sumbang, tidak masalah.

- Sentuh dan belai perut Anda. 

- Tanggapi tendangan-tendangannya dengan menyentuh, mengusap perut dan bicara dengannya.

- Putar musik, tak harus musik klasik. Yang penting Anda senang dan menimbulkan perasaan tenang. Menarilah, janin akan merasa diayun-ayun.

- Relaks. Manjakan diri sendiri dan hindari stres. Jika ibu tidak banyak mengalami stres saat hamil, kesehatan ibu dan janin akan lebih baik. 

- Ayah, lakukan bonding dengan janin. Belai perut Anda sambil bicara dengan janin, menanggapi tendangannya dan bacakan dongeng. 

 

Persiapan kelahiran

Semakin dekat hari melahirkan, rasanya tidak sabar bertemu dengan bayi. Seperti apa rupanya? Cari informasi mengenai persalinan sebanyak mungkin. Jika tidak ada indikasi harus melahirkan secara sesar, bersiaplah melahirkan normal (per vaginam). Agar proses melahirkan normal:

Ikut kelas prenatal sebagai langkah persiapan melahirkan. Cari kelas yang meliputi terjadinya proses melahirkan, teknik mengelola rasa sakit seperti pernapasan, self hypnosis dan relaksasi. Kelas-kelas ini iasanya ada di klinik atau RS bersalin. Dengan mengikuti kelas ini selain menyiapkan kelahiran dengan lebih tenang dan nyaman, Anda belajar terus terhubung dan berkomunikasi dengan janin.Self hypnosis dan afirmasi yang Anda lakukan menjadi semacam cara Anda berkomunikasi dan mengajak anak untuk sama-sama menyukseskan kelahirannya.

- Pastikan siapa dokter atau bidan yang akan menolong persalinan Anda, dan di mana lokasinya. Pilih dokter yang membuat Anda merasa nyaman. 

- Siapa saja yang Anda inginkan untuk menemani Anda saat bersalin. Pastikan semua pihak mendukung pemberian ASI.

- Siapkan fisik dan mental. Biasakan jalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari.

- Siapkan 1 tas khusus untuk dibawa saatnya Anda melahirkan.

Grc


 


Artikel Rekomendasi

Keguguran Akibatkan PTSD

Apapun penyebab keguguran, pasti menimbulkan perasaan sedih berkepanjangan. Kesedihan ini tak dapat diukur dari lamanya kehamilan. Walau kehamilan baru berusia beberapa minggu misalnya, rasa kehilanga... read more

Load more