Ayah, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kekompakan dengan Anak Perempuan

 



Foto: Pixabay


Mungkin Ayah lebih nyaman beraktivitas dengan anak lelakinya, tetapi anak perempuan pun ingin menghabiskan waktu dengan ‘cinta pertamanya’. Berdasarkan penelitian hubungan ayah dan anak perempuan yang dekat akan membuatnya nyaman menjadi diri sendiri, percaya diri dalam menjalani hubungan, serta mendapat nilai-nilai yang baik di sekolah, seperti dilansir dari Verywell.com. Bagi Anda yang ingin lebih akrab dengan putri kecilnya, coba lima trik mendekatinya berikut ini.

1. Dimulai dari kelahirannya
Koneksi dengan si kecil bisa dimulai sejak putri Anda lahir. Berusahalah terlibat sejak awal sehingga hubungan yang akrab dan harmonis terus terpupuk hingga sang putri tumbuh dewasa.

2. Tidak membeda-bedakan
Mengajari keahlian yang sebenarnya ‘laki banget’ bukan hal yang aneh buat putri kesayangan Anda. Mulai dari bermain bola, mengenalkan alat-alat bertukang, serta membuatnya paham bagian-bagian dari mobil akan membuat si kecil merasa mampu melakukan apa saja tanpa dibatasi gender. Lagi pula keahlian tersebut akan berguna saat dia besar nanti.

3. Puji kecantikannya
Semua perempuan senang bila dipuji, jadi tidak ada salahnya bila Ayah juga memberikan pujian kepada anak perempuannya. Memuji kecantikannya membuat si kecil merasa nyaman dengan segala kekurangan fisik yang mungkin dirasakannya. Apalagi sekarang muncul standar baru kecantikan pada seorang perempuan. Anda bisa memuji bila ia memakai warna yang cocok dengan kulitnya, melihatnya tersenyum dengan gigi ompong, atau saat membelai rambut keritingnya.

4. Menulis ‘surat cinta’
Luangkan waktu untuk menuliskan pesan atau surat yang mengekspresikan rasa sayang dan bangga Ayah terhadap putrinya. Hal sederhana ini berarti banyak bagi anak perempuan yang memuja ‘pangeran pertamanya’.

5. Beri contoh gambaran lelaki sejati
Bagaimana Anda memperlakukan para perempuan akan membuat perbedaan besar di mata si kecil. Figur ayah akan menjadi pembanding terhadap para laki-laki yang akan muncul di dalam hidup si kecil kelak. Cobalah menjadi lelaki sejati dan sempurna sehingga anak perempuan Anda punya standar bagaimana seharusnya dia diperlakukan oleh kaum Adam.

 
ALICE LARASATI
 

Baca juga:
Hati-hati Saat Marah! Pilih 6 Julukan Positif Ini untuk Anak
4 Cara Mudah Jalin Bonding antara Ayah dan Bayi Baru Lahir

 



Artikel Rekomendasi