10 Cara Membuat Anak Tenang di Pesawat Terbang

 


Foto: Pixabay

 

Keberangkatan liburan sudah di depan mata. Tiket pesawat terbang sengaja dipesan jauh-jauh hari dengan harapan Anda punya waktu menyiapkan penerbangan pertama si kecil. Ingin balita atau anak usia prasekolah tetap tenang di pesawat terbang? Siapkan beberapa aktivitas seru untuk dilakukan di dalam pesawat demi mengalihkan perhatiannya—tanpa risiko bagasi Anda bertambah—seperti dilansir dari Deliciousbaby.com berikut ini.
 

1. Simpan beberapa gambar menarik ke kamera digital atau ponsel Bunda dan Ayah. Bisa gambar tempat-tempat yang akan dikunjungi di lokasi tujuan, atau foto-foto tempat wisata terbaru seperti kebun binatang atau pantai. Selama penerbangan, Anda dapat bercerita soal tempat-tempat tersebut atau siapa yang bakal si kecil temui saat mendarat di destinasi liburan.
 

2 .Minta anak mengarang cerita fantastis tentang kegiatan yang akan dilakukan saat berlibur nanti. Bagi anak yang lebih kecil, Anda bisa memberikan alternatif cerita untuk mereka pilih, sementara anak yang lebih besar dapat membantu melengkapi sebagian cerita.
 

3. Bermainlah dengan boneka tangan dan ajak si kecil tenggelam dalam cerita Anda.
 

4 .Siapkan beberapa yel-yel lucu sebelum Anda pergi sekeluarga. Yel-yel ini bisa diucapkan di atas pesawat sambil menyanyi bersama agar si kecil terhibur.
 

5. Selama penerbangan menjadi waktu yang tepat untuk mengajari si kecil cara mengikat dan melepas sabuk pengaman, ritsleting jaket, atau kancing pada pakaian mereka. Hal ini bisa membuat mereka sibuk untuk waktu lama.
 

6. Manfaatkan majalah di pesawat yang terletak di kantong kursi di depan Anda. Minta si kecil menemukan satu gambar pada setiap halaman, sementara untuk anak-anak yang lebih besar bisa mencari harga barang/menu makanan di bawah Rp 100.000, misalnya.
 

7. Tantang si kecil untuk menikmati camilan lebih lama. "Seberapa gigitan terkecil yang bisa kamu lakukan, sayang?" atau "Ayo, bisakah kamu makan kue ini satu per satu?” Kemas makanan kecil Anda di wadah makanan  dan gunakan wadahnya sebagai mainan begitu kosong.
 

8. Ketika pramugari mengantar minuman, mintalah cangkir, beberapa es batu, dan sedotan—atau Anda bisa membawa sendiri sedotan favorit si kecil untuk mendukung gerakan mengurangi sampah plastik. Ada permainan tanpa akhir dengan kombinasi ketiganya. Es sangat menarik untuk si kecil, dan Anda dapat mengajari mereka untuk menggulungnya di bagian bawah cangkir, atau ‘menangkapnya’ di atas sedotan (es pesawat biasanya memiliki lubang di tengah). Awasi agar es tidak berakhir di mulut mereka, ya Bun!
 

9. Bagi balita, kegiatan menutup dan membuka tutup botol air plastik sangat menyenangkan. Tugas Anda mengawasi mereka demi menghindari si kecil tersedak setiap kali berusaha meminum usai membuka dan menutup botol berkali-kali. Minta pramugari untuk membawakan botol kosong jika Anda tidak membawanya.
 

10. Ajak si kecil bermain dengan tetangga di barisan depan atau belakang Anda. Cilukba dan memberikan ciuman kepada penumpang lain di sekitarnya adalah hal manis dan sulit ditolak oleh orang dewasa. Yakinlah bahwa penumpang lain akan senang diajak untuk bersenda gurau dengan si kecil. Interaksi ini akan menjadi hiburan yang menyenangkan bagi si kecil serta penumpang lainnya.
 

Selamat mencoba!



PRIMA SOERATNO


Baca juga:
3 Cara Aman dan Nyaman Mudik dengan Bayi
Pertimbangkan Ini Bila Mengajak Bayi Naik Pesawat

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mainan Anak Berkebutuhan Khusus

Seperti anak normal, anak-anak berkebutuhan khusus suka hadiah mainan. Ayo beri mereka hadiah yang bisa menstimulasi otak dan membantunya mengeksplorasi sekeliling.... read more