Beda Gejala Demam Berdarah dan Covid-19

 

 
Foto: shutterstock

Sama-sama demam, nyeri sendi, kadang-kadang disertai diare dan hilang napsu makan. Bagaimana membedakannya?
 
Demam berdarah dengue adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Memiliki gejala umum hampir seperti covid-19 DBD sering terabaikan. Padahal sama seperti covid-19, penanganan terlambat pada DBD bisa berakibat kematian.
 
Demam Berdarah Dengue
DBD adalah penyakit menular dengan tingkat kematian yang tinggi. Di seluruh dunia, sebanyak 400 juta orang terkena DBD setiap tahun. Lima gejala DBD yang harus Anda ketahui adalah:

- Demam mendadak hingga mencapai 40 derajat Celsius. Demam biasanya diikuti pilek dan batuk, tapi pada demam berdarah tidak disertai batuk pilek.
- Mual dan muntah yang akan dialami selama 2 sampai 4 hari setelah terinfeksi. Gejala ini muncul pada anak maupun orang dewasa.
- Sakit kepala hebat disertai sakit di bagian belakang mata.
- Nyeri otot di beberapa bagian tubuh seperti otot, sendi, dan belakang mata yang diawali dengan menggigil dan berkeringat.
- Kelelahan hingga hilang selera makan.

 
Karena disebabkan oleh virus, tidak ada pengobatan khusus demam berdarah. Pada anak, demam dapat diturunkan dengan parasetamol. Tetapi bila gejala terasa berat, sebaiknya dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang memadai agar tidak terjadi komplikasi.
 
Tes darah sangat diperlukan dalam penanganan DBD. Pada saat pemeriksaan darah akan tampak penurunan trombosit hingga di bawah 100.000/microliter darah dan terjadi pengentalan darah. Ditandai dengan gusi berdarah, mimisan, kencing berdarah dan lain-lain.
 
Covid-19
Sama seperti DBD, terinfeksi covid-19 juga ditandai dengan demam. Gejala biasanya akan muncul 5 sampai 6 hari setelah terinfeksi, tetapi bisa sampai 14 hari. Ada 3 jenis gejala infeksi covid-19 yang penting diketahui:
 
Gejala umum:

- Demam
- Batuk kering
- Kelelahan

 
Gejala tidak umum:

- Nyeri tenggorokan
- Nyeri sekujur badan
- Diare
- Sakit kepala
- Mata merah
- Hilang indra perasa dan penciuman
- Ruam pada kulit atau perubahan warna pada kulit jari tangan atau kaki

 
Gejala serius:

- Sesak napas
- Rasa dada seperti tertekan atau diikat kuat
- Tidak dapat bergerak dan bicara

 
 
Imma Rachmani
 
 

 



Artikel Rekomendasi