Tidur Siang dan Tidur Malam Beda Manfaatnya

 

freepik

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar bagi seluruh makhluk hidup. Bagi bayi dan balita, pola tidur yang baik sangat penting untuk membangun kesehatan, imunitas, serta perkembangannya secara keseluruhan.
 
Sejak lahir sampai usia satu bulan, bayi butuh waktu tidur selama 15-16 jam dalam satu hari. Sedangkan, pada usia satu bulan hingga satu tahun, mereka butuh 14-15 jam tidur sehari. Memasuki usia batita atau satu hingga tiga tahun, kebutuhan tidur mereka adalah 12-14 jam per hari. Sedangkan, memasuki usia yang lebih besar, yakni di atas tiga tahun, waktu tidur yang mereka butuhkan berkurang, yakni hanya 10-12 jam per hari. Selain kuantitas waktu tidur, anak-anak juga sangat butuh kualitas tidur yang baik.
 
Tidur Malam untuk Pertumbuhan Anak
Anak-anak harus tidur lelap sepanjang malam tanpa gangguan. Sebab, menurut Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Anak, tidur di malam hari membawa manfaat bagi pertumbuhan anak. “Tidur malam sangat penting sebab hormon pertumbuhan keluarnya malam hari,” ujarnya.
 
Hormon pertumbuhan ini menurut Rini dapat mengoptimalkan tinggi badan anak-anak. “Hormon pertumbuhan keluarnya jam sebelas malam. Jadi saat itu, anak-anak harus dalam keadaan tidur dalam. Ini jangan sampai dilewatkan,” pesannya. Rini menambahkan, “anak-anak yang tidurnya bagus juga tinggi badannya akan bagus, ya.” Tentunya hal itu juga harus diimbangi dengan asupan yang bernutrisi serta pola hidup sehat lainnya.
 
Tak hanya itu, tidur malam juga punya manfaat lain untuk menjaga imunitas anak-anak dan membantu meningkatkan fokusnya. “Kalau anak kurang tidur, fokusnya kurang. Mereka jadi mudah jatuh, jadi kelihatannya anak kayak ceroboh,” ujarnya.
 
Tidur Siang untuk Pemulihan Fisik
Rini mengatakan bahwa tidur siang memiliki khasiat yang berbeda dari tidur malam. “Kalau tidur siang tidak ada manfaatnya untuk pertumbuhan,” ujarnya. Akan tetapi, bukan berarti anak tidak butuh tidur siang. Sebab, menurut Rini, total durasi tidur per hari yang dibutuhkan bayi dan balita juga harus dipenuhi dari tidur siang.
 
Rini menyebut bahwa tidur siang memiliki efek bagi pemulihan fisik. “Tidur siang untuk pemulihan fisik agar capeknya hilang,” ujarnya. Tentu saja ini penting karena kelelahan akan membuat anak-anak rewel.
 
Nah, tentunya semua manfaat ini sangat dibutuhkan anak-anak. Oleh karenanya, penting bagi orang tua untuk membantu menavigasi jadwal harian mereka agar memiliki durasi tidur yang cukup dan berkualitas.
 
Lela Latifa
 

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Akibat Malas Tidur Siang

Rajin-rajinlah mengajak anak tidur siang. Jika sering kehilangan waktu tidur siangnya, ia akan menunjukkan sikap gelisah, bahkan frustasi.... read more