Susu Kedelai VS Sapi

 

T: Apa perbedaan antara susu sapi dengan susu soya (kedelai)? Apakah susu soya berpengaruh untuk balita yang susah makan? Apakah susu soya akan berpengaruh terhadap perkembangannya?

J: Susu soya (kedelai) juga sumber protein yang baik seperti halnya susu sapi. Memang kandungan lemak susu kedelai lebih rendah daripada susu sapi. Kandungan lemak 1 gelas susu sapi setara dengan kandungan lemak dari 1,5 – 2 gelas susu kedelai. Sementara lemak sangat dibutuhkan balita sebagai sumber energi untuk pertumbuhan. Pastikan susu kedelai yang Anda beli adalah jenis whole soy milk dan bukan yang low atau yang non-fat.

Belum ada penelitian yang membuktikan apakah susu kedelai berpengaruh untuk balita yang susah makan. Dengan pemberian susu kedelai minimal 2 gelas per hari, diharapkan dapat melengkapi kebutuhan gizi balita. Namun, tentu saja perlu diperhatikan juga asupan nutrisi dari sumber makanan lainnya, karena kandungan zat fitat dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan kalsium dan juga susu kedelai tidak mengandung vitamin B12.

Pastikan dia mendapat aneka bahan makanan dalam menu hidangannya setiap hari, sehingga memperoleh zat gizi yang lengkap sesuai kebutuhannya.  

 



Artikel Rekomendasi