Kylie Jenner Sukses Ajarkan Anak Untuk Bersabar, Berikut Tip yang Bisa Bunda Coba

 

 

Hot Momma Kylie Jenner, berhasil menarik perhatian warga net di Instagram lewat video unggahannya bersama sang buah hati, Stormi Webster. Ibu muda ini wajib berbangga hati karena telah berhasil mengajarkan putri kecilnya untuk bersabar dengan mengikuti Fruit Snack Challenge.
 
Tengah viral di masa karantina, Fruit Snack Challenge ini sendiri adalah tes kesabaran yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya, dengan menyuguhkan berbagai camilan atau makanan favorit sang anak, namun mereka akan diminta untuk menunggu dan bersabar sambil mendengarkan instruksi dari orang tua sebelum memakannya.
 
Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, The Youngest Self-Made Billionaire ini menyuguhkan semangkuk cokelat, dan meminta buah hatinya untuk menunggu dirinya kembali dari kamar mandi sebelum bisa memakan cokelat tersebut.

 
 
 
“Aku akan menaruh cokelat di sini, kamu boleh memakan hanya 3 cokelat. Namun kamu harus menunggu sampai Mommy kembali dari kamar mandi. Apakah kamu mau menunggu Mommy?” ujar Kylie Jenner, memberikan instruksi kepada Stormi yang awalnya terlihat tidak sabar untuk menyantap permen cokelat tersebut.
 
Stormi dengan tenang mendengar arahan dari sang ibu dan langsung menyetujui untuk menunggu Kylie kembali dari kamar mandi. Momen menggemaskan ini diabadikan oleh Kylie lewat sebuah video berdurasi berdurasi 1 menit 8 detik, yang merekam ekspresi Stormi saat menanti kedatangan sang Mommy.
 
Awalnya, Stormi memang tenang menunggu sambil menonton acara televisi, namun lama kelamaan sepertinya putri dari Travis Scott ini hampir kehilangan kesabaran dan hendak mengambil permen cokelat tersebut sambil melirik ke kanan dan ke kiri untuk melihat situasi.
 
Namun pada akhirnya Stormi berhasil menahan dirinya untuk tidak mengambil permen cokelat yang ada di depannya dan memilih untuk menunggu sang ibu kembali sambil bersenandung “Patience… Patience…” yang artinya “Sabar… Sabar…” untuk menghibur dirinya yang sedang menunggu.
 
Ketika Kylie kembali, Stormi pun terlihat senang dan langsung melompat-lompat. Kemudian, Kylie bertanya kepada buah hatinya, “Apakah kamu menunggu hingga Mommy kembali?” Stormi menjawab, “Iya.” Akhirnya, Kylie menghadiahkan 3 buah permen cokelat sebagai apresiasi, karena buah hatinya berhasil lolos tes kesabaran yang ia buat.

 
 
Melatih kesabaran balita memang bukan hal yang mudah, terlebih lagi kebanyakan balita masih kesulitan untuk mengendalikan emosinya dan cendrung akan tantrum bila diminta untuk bersabar. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih kesabaran balita.
 
Belajar sambil bermain
Buat suasana latihan bersabar ini menjadi hal yang menyenangkan agar si kecil tidak merasa stres saat menjalaninya. Misalnya, Anda bisa mengajak si kecil untuk belajar menyusun balok atau mengelompokkan biji-bijian sesuai dengan bentuk atau warna yang samadan mewarnai di dalam gambar. Anda bisa mencari inspirasi permainan yang juga dapat mengasah kesabaran

 
 
Antre, yuk, Nak!
Jika si kecil telah lolos tahap awal belajar bersabar, Anda bisa mulai mengajak si kecil untuk mengantre, seperti saat membeli es krim atau saat membeli pakaian untuknya. Berikan penjelasan bahwa sebelum ia bisa mendapatkan apa yang ia inginkan, ia harus menunggu dan bersabar dalam sebuah antrean, karena ia bukanlah satu-satunya orang yang menginginkan hal tersebut. Dengan cara ini, Anda juga telah mengajarkan budaya mengatre yang akan ia terapkan hingga ia dewasa.
 
Mengalihkan perhatian
Menunggu merupakan hal yang membosankan, Anda tentu juga setuju dengan hal ini. Maka saat mengajak si kecil untuk menunggu, pastikan Anda membawa mainan atau mengajaknya melakukan yang dapat mengalihkan perhatiannya agar ia tidak bosan.
 
Anda juga bisa membuat sebuah permainan yang mengasah otaknya, misalnya, temukan orang yang menggunakan pakaian berwarna putih, kuning, atau warna lainnya, kemudian bunda juga bisa mengajak si kecil mengenali huruf yang terdapat pada tulisan-tulisan di sekitar. Dengan begitu perhatian anak Anda akan teralihkan kan proses menunggu menjadi lebih menyenangkan.
 
Mengajarkan konsep waktu
Apakah tidak terlalu dini untuk mengajarkan balita konsep waktu? Tidak, Bun. Mengenal konsep waktu bisa dilatih sejak dini dan dapat membantunya untuk menahan diri.
 
Anda bisa mengajarkan anak mengenal konsep waktu lewat jadwal sehari-hari, buat kesepakatan dengan anak Anda mengenai jam operasional, berikan pengertian bahwa pada jam tertentu ia bisa mendapatkan makan siangnya, atau pada jam tertentu Anda harus bekerja dan ia harus bermain sendiri.

Maka, si kecil akan besabar untuk mendapatkan makan siangnya sebelum pukul 12.00, atau ia harus bersabar menunggu Anda selesai bekerja, dan bisa menemaninya bermain pada pukul 17.00.

Baca Juga:
Cara Acha Septriasa Ceritakan Lock Down Kepada Anak
Menjaga Keluarga Tetap Aktif dan Produktif #Dirumahsaja Ala Ola Harika
Anak Sekolah Di Rumah, Joanna Alexandra Makin Sadar Peran Orang Tua.



Debbyani Nurinda
 

 


Topic

#corona #coronavirus #viruscorona #covid19 #dirumahsaja #dirumahaja #belajardirumah #workfromhome



Artikel Rekomendasi

post4

Saat Anak Tak Sabar Bertanya

Kemampuan anak berpikir masih terbatas. Rasa ingin tahunya yang meluap mempengaruhi perilakunya. Ia jadi tampak menyebalkan karena selalu bertanya hal yang sama, atau jadi rewel karena tidak sabar. A... read more